Sari, Naomie Kartika (2024) Perancangan Sistem Wayfinding & Signage sebagai Upaya Mendukung Peningkatan Brand Image Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
5030201037-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2026. Download (56MB) | Request a copy |
Abstract
Di balik reputasi baik yang telah dimiliki, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) masih dihadapkan pada tantangan terkait dengan pengelolaan atau manajemen identitas visual yang belum konsisten, khususnya dalam penerapan sistem wayfinding dan signage di lingkungan kampus. Padahal konsistensi dari penerapan sistem ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan identitas merek. Fenomena implementasi wayfinding dan signage yang belum konsisten di ITS ini dapat menjadi sebuah permasalahan nantinya jika dibiarkan terus menerus, karena wayfinding dan signage merupakan elemen dari sebuah identitas visual yang memiliki kepentingan signifikan dalam mengkomunikasikan nilai-nilai serta kepribadian dan kualitas ITS sebagai institusi pendidikan tinggi menuju World Class University. Oleh karena itu, perancangan sistem wayfinding dan signage yang konsisten dan terintegrasi dengan baik diperlukan, dan diharapkan dapat menjadi salah satu upaya ITS untuk memperkuat citra, meningkatkan reputasi, dan visibilitas institusi, baik secara nasional, maupun global. Proses perancangan ini diawali dengan analisis mendalam terhadap eksisting signage dan kebutuhan pengguna melalui metode riset kuantitatif dan kualitatif, yaitu dengan mengadakan survei pengalaman pengguna, melakukan observasi lapangan, hingga wawancara mendalam terhadap stakeholder terkait masalah ketidakseragaman dalam penerapan identitas visual dan desain signage di seluruh area kampus. Hasil dari analisis ini kemudian digunakan sebagai dasar dalam mengembangkan konsep desain yang mencakup identitas visual, sistem konten informasi, sistem grafis, dan sistem perangkat keras signage hingga menghasilkan sebuah kesatuan luaran berupa panduan sistem wayfinding dan signage yang konsisten dan terintegrasi bagi ITS. Dengan mengadopsi pendekatan konsep ”neo-futurism”, perancangan ini diharapkan dapat mewujudkan lingkungan yang lebih teratur dan konsisten melalui pengimplementasian sistem wayfinding dan signage yang terstandar dan inklusif di lingkungan kampus ITS. Selain itu, dengan adanya luaran utama berupa buku panduan sistem wayfinding dan signage ini ditujukkan agar ITS dapat menyediakan informasi petunjuk arah dan penanda yang jelas dan mudah dipahami oleh semua pengguna, sehingga mampu berkontribusi dalam menciptakan peningkatan kepuasan serta pengalaman pengguna yang mampu berdampak positif terhadap penentuan persepsi pengguna akan brand image ITS.
==============================================================================================================================
Despite the strong reputation that Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) has cultivated, the institution continues to face challenges related to the inconsistent management of its visual identity, particularly with the inconsistent application of wayfinding and signage systems on campus. Ensuring consistency in these systems is crucial for strengthening brand identity. The phenomenon of inconsistent wayfinding and signage implementation at ITS could become significant issue if left unaddressed, as these elements are integral to the visual identity that plays a vital role in communicating the values, personality, and quality of ITS as a higher education institution striving to become a World Class University. Therefore, a well- designed, consistent, and integrated wayfinding and signage system is essential and is expected to be one of ITS’s efforts to enhance its image, strengthen its reputation, and increase its visibility both nationally and globally. The design process begins with a comprehensive analysis of existing signage and user needs through both quantitative and qualitative research methods. This includes user experience surveys, field observations, and in-depth interviews with stakeholders to address the inconsistencies in the application of visual identity and signage design throughout the campus. The findings from this analysis are then used as the basis for developing a design concept that encompasses visual identity, information content systems, graphic systems, and hardware signage systems, culminating in a unified output in the form of a consistent and integrated wayfinding and signage system guidelines for ITS.
By adopting a “neo-futurism” design approach, this initiative aims to create a more organized and consistent campus environment through the implementation of standardized and inclusive wayfinding and signage systems at ITS. Furthermore, the main output of this initiative, the wayfinding and signage system guidelines, is intended to provide clear and easily understandable directional and signage information to all users. This is expected to contribute to enhancing user satisfaction and experience, which can positively impact user’s perceptions of ITS’s brand image.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Wayfinding dan Signage, Identitas Visual, Integrasi, Reputasi, Brand Image, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Wayfinding and Signage System, Visual Identity, Integrated, Reputation |
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture > NA6600 Education buildings N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK1535.B3 Design Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z116.A3 Book design. |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Naomie Kartika Sari |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 02:40 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 02:40 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/113024 |
Actions (login required)
View Item |