Rekomendasi Peningkatan Halte dan Jalur Pejalan Kaki dengan Analisis Walkability dan Keterjangkauan untuk Meningkatkan Walkabilitas Area Koridor Unair – ITS

Firdaus, Muhammad Sandy (2024) Rekomendasi Peningkatan Halte dan Jalur Pejalan Kaki dengan Analisis Walkability dan Keterjangkauan untuk Meningkatkan Walkabilitas Area Koridor Unair – ITS. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5015201078-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5015201078-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Konsep kota walkable menjadi tren perencanaan kota yang mengedepankan konektivitas objek transit dengan sisi humanis perkotaan supaya warganya mampu bermobilitas hanya berjalan kaki mengakses transportasi umum. Profil tata guna lahan wilayah sekitar Halte Koridor Unair - ITS beragam dan cukup padat serta memiliki potensi tangkapan pengguna transportasi umum yang tinggi. Studi ini bertujuan dalam merumuskan rekomendasi peningkatan halte dan jalur pejalan kaki dengan analisis walkability dan keterjangkauan untuk meningkatkan walkabilitas Koridor Unair – ITS. Sehingga keluaran yang diharapkan berkutat pada rekomendasi jalur pejalan kaki, trotoar, dan halte. Data penelitian ini meliputi data populasi penduduk per kelurahan wilayah penelitian, data persil bangunan, data jumlah penduduk persil bangunan, data antrean dan standar pelayanan minimum per halte, serta data hasil kuesioner mengenai preferensi walkability jalur pedestrian menurut masyarakat. Data Kuesioner diperoleh dari 97 responden yang disebarkan secara daring. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan analisis deskriptif serta observasi mengenai identifikasi SPM halte dan jumlah antrean di halte. Kemudian, analisis preferensi walkabilitas masyarakat melalui skoring likert jalur pedestrian Koridor Unair – ITS. Lalu data dihimpun dalam analisis jaringan perkotaan (UNA). Lalu diakhiri dengan proses perumusan rekomendasi dengan analisis deskriptif kualitatif. Sehingga didapat keluaran berdasarkan indeks sentralitas yang dinormalisasi dengan metode min-max normalization. Hasil dari sasaran 2 mengindikasikan beberapa halte dengan perlindungan terbangun sudah walkable khususnya dengan Halte RSUD Dr. Soetomo dengan angka indeks halte tertinggi, disusul beberapa bus stop seperti Bus Stop Galaxy Mall 1 dan 2 yang juga memiliki angka indeks tertinggi secara menyeluruh. Tersortir 5 calon halte dan peningkatan jalur pejalan kaki yang ideal

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: GIS, Urban network analysis, Indeks Walkabilitas, Pedestrian,GIS, Urban network analysis, walkability Index, Pedestrian
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.212 ArcGIS. Geographic information systems.
H Social Sciences > HA Statistics > HA30.6 Spatial analysis
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE336.R68 Route choice
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT133 City and Towns. Land use,urban
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Regional & Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Sandy Firdaus
Date Deposited: 03 Aug 2024 09:03
Last Modified: 03 Aug 2024 09:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113060

Actions (login required)

View Item View Item