Rochim, Abdurochim (2024) Pengembangan Aplikasi Al-Qu’ran Digital Untuk SMK Entrepreneur Tahfidz Genteng Melalui Pendekatan Design Thinking. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
6047221023-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2026. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengembangkan aplikasi Al-Qur’an digital yang berpusat pada kebutuhan penggunanya dalam dunia pendidikan. Tujuan pada penelitian ini untuk mencari tahu kebutuhan pengguna, mendesain prototype aplikasi Al-Qur’an digital, dan untuk mengetahui kebaruan aplikasi berdasarkan kebutuhan pengguna. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking dalam setiap tahapan nya, yaitu tahap analisis masalah (empathize), pembingkaian masalah (define), penentuan ide dan solusi (ideate), perancangan produk (prototype), dan pengujian produk (test). Berdasarkan respon pengguna tahap empathize dengan jumlah sampel sebanyak 43 orang yang dipilih secara random sampling kemudian dianalisis pada tahap define ditemukan bahwa pengguna membutuhkan aplikasi yang memiliki fitur keamanan yang baik, pengguna membutuhkan fitur pembelajaran terkait agama islam, pengguna membutuhkan fitur yang dapat meninjau progres bacaan dan hafalan, pengguna membutuhkan fitur terjemahan per kata dan per ayat secara gratis, serta pengguna membutuhkan aplikasi yang tidak menggunakan banyak ruang pada memori handphone. Setelah memahami kebutuhan pengguna dengan jelas, selanjutnya peneliti menentukan ide pada tahap ideate. Ide tersebut didasarkan pada kebutuhan pengguna yaitu merancang dan mengembangkan fitur keamanan akun, merancang dan mengembangkan fitur ajaran islam, merancang dan mengembangkan fitur peninjau progress bacaan dan hafalan, menyederhanakan aplikasi berbasis website dan menyediakan fitur terjemahan per kata dan per ayat secara gratis. Setelah menentukan ide, tahap selanjutnya adalah prototype yaitu peneliti mendesain dan merealisasikan ide yang telah ditentukan. Setelah produk dapat digunakan tahap selanjutnya adalah test yaitu pengguna diminta untuk menilai produk hasil pengembangan dari aspek tampilan, pemrograman, isi, dan kepuasan pengguna.
Berdasarkan Hasil penelitian pengembangan aplikasi Al-Qur’an digital ini ditemukan bahwa terdapat 2 kebaruan fitur aplikasi Al-Qur’an digital yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Fitur tersebut ialah fitur untuk meninjau progress bacaan dan hafalan serta fitur yang memuat ajaran islam seperti ajaran aqidah, akhlak, hadits, kumpulan Do-a dan kumpulan shalawat.
==========================================================
This research develops a digital Qur'an application centered on the needs of its users in the world of education. The purpose of this research is to find out user needs, design a prototype of a digital Qur'an application, and to find out the novelty of the application based on user needs. This research uses the Design Thinking method in each stage, namely the stage of problem analysis (empathize), problem framing (define), determination of ideas and solutions (ideate), product design (prototype), and product testing (test). Based on the response of users in the empathize stage with a sample of 43 people who were randomly selected and then analyzed at the define stage , it was found that users need an application that has good security features, users need learning features related to Islam, users need features that can review reading and memorization progress, users need translation features per word and per verse for free, and users need an application that does not take up much space on the phone' s memory.After understanding the user's needs clearly, the researcher then determined the idea at the idete stage. The idea is based on user needs, namely designing and developing account security features, designing and developing Islamic teaching features, designing and developing features to review reading and memorization progress, simplifying web-based applications and providing word-for-word and per-verse translation features for free. After determining the idea, the next stage is the prototype, namely the researcher designs and realizes the predetermined idea. After the product can be used, the next stage is a test, where users are asked to assess the product developed from the aspects of appearance, programming, content, and user satisfaction.
Based on the results of the research on the development of the digital Qur'an application, it was found that there are 2 new features of the digital Qur'an application that suit the needs of users. These features are features to review the progress of reading and memorization as well as features that contain Islamic teachings such as the teachings of aqidah, akhlak, hadits, Do’a collections and shalawat collections.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Al-Qur’an digital, Design Thinking. SMK Entrepreneur Tahfidz Genteng, Digital Al-Qur’an, Design Thinking. SMK Entrepreneur Tahfidz Genteng, |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 78201-System And Technology Innovation |
Depositing User: | Abdurochim Abdurochim |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 21:23 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 21:23 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/113117 |
Actions (login required)
View Item |