Evaluasi dan Pemeliharaan Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Bina Marga dan Pavement Condition Index (PCI) Ruas Jalan Batas Kota Padangsidimpuan – Batas Kabupaten Madina Provinsi Sumatera Utara (KM 17+300 - KM 26+700)

Hasibuan, Fadhil Raihan (2024) Evaluasi dan Pemeliharaan Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Bina Marga dan Pavement Condition Index (PCI) Ruas Jalan Batas Kota Padangsidimpuan – Batas Kabupaten Madina Provinsi Sumatera Utara (KM 17+300 - KM 26+700). Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2035201020-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2035201020-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (51MB) | Request a copy

Abstract

Ruas jalan batas Kota Padangsidimpuan – batas Kabupaten Madina ini merupakan jalan Lintas Barat Sumatera yang menghubungkan Kota Padangsidimpuan menuju Kota Padang dan beberapa kota lainnya di Sumatera Barat. Selain berfungsi sebagai jalur alternatif, jalan ini juga merupakan area wisata yang sering dilewati oleh kendaraan ringan hingga berat, termasuk bis. Karena sedang ada pembangunan bandara baru di Kabupaten Madina dengan luas 178 hektar, jumlah kendaraan besar yang melintas semakin meningkat. Akibatnya, struktur perkerasan jalan mengalami kerusakan karena terus menerima beban berulang. Bagaimana evaluasi, pemeliharaan, dan penanganan perkerasan lentur di lokasi penelitian menggunakan metode Bina Marga dan Pavement Condition Index (PCI). Tahapan penelitian ini menggunakan metode Bina Marga dengan membagi ruas jalan kedalam beberapa segmen sama besar yang kemudian mengidentifikasi jenis dan jumlah kerusakan, kemudian dilakukan analisis yang akan mendapatkan nilai kondisi jalan dan urutan prioritas penanganan atau pemeliharaan jalan. Sedangkan tahapan penelitian menggunakan PCI (Pavement Condition Index) adalah dengan cara mengevaluasi kondisi permukaan perkerassan jalan secara visual, yang meliputi jenis kerusakan, kuantitas kerusakan dan tingkat keparahan kerusakan. Penelitian ini dilakukan dengan cara membagi ruas jalan yang akan dievaluasi yaitu pada jalan Batas Kota Padangsidimpuan – Batas Kabupaten Madina sepanjang 9,4 km pada KM 17+300 – KM 26+700 menjadi 94 segmen, dengan setiap segmen memiliki dimensi 7 meter x 100 meter. Kemudian masing-masing segmen diamati, dievaluasi, dan dianalisis. Hasil dari penelitian yang dilakukan pada survei lapangan sepanjang 9,4 km menunjukkan terdapat sembilan jenis kerusakan pada ruas jalan tersebut. Jenis kerusakan meliputi retak kulit buaya, tepi, slip, halus, pengausan, pelepasan butir, lubang, tambalan dan benjol turun. Nilai rata-rata PCI (Pavement Condition Index) dari pengujian ini adalah 78,52 dan nilai Bina Marga adalah 3,77, dengan nilai urutan prioritas >7 sehingga ruas jalan ini masuk dalam program pemeliharaan rutin. Metode perbaikan yang digunakan mencakup P2, P3, P4, P5, dan P6. Selanjutnya, untuk rencana anggaran biaya, estimasi yang diperlukan untuk perbaikan adalah sebesar Rp2.952.260.602 Terbilang dua miliar sembilan ratus lima puluh dua juta dua ratus enam puluh ribu enam ratus dua rupiah.
=================================================================================================================================
The road section between Kota Padangsidimpuan and the border of Kabupaten Madina is part of the West Sumatra Trans-Sumatra Highway, connecting Kota Padangsidimpuan to Kota Padang and several other cities in West Sumatra. In addition to serving as an alternative route, this road is also a tourist area frequently used by both light and heavy vehicles, including buses. Due to the ongoing construction of a new airport in Kabupaten Madina covering an area of 178 hectares, the number of large vehicles passing through has increased. As a result, the road pavement structure is experiencing damage due to repeated loads. Therefore, an evaluation, maintenance, and flexible pavement treatment are necessary at the research location. This research stage uses the Bina Marga method by dividing the road section into several segments of the same size, then identifying the type and amount of damage, then carrying out an analysis that will get a value of the road condition and the priority order for road handling or maintenance. Meanwhile, the research stage using PCI (Pavement Condition Index) is by visually evaluating the condition of the road pavement surface, which includes the type of damage, quantity of damage and severity of damage. This research was carried out by dividing the road sections to be evaluated, namely the Padangsidimpuan City Boundary – Madina Regency Boundary road, 9.4 km long at KM 17+300 – KM 26+700 into 94 segments, with each segment having dimensions of 7 meters x 100 meters . Then each segment is observed, evaluated and analyzed so that the final results are obtained in the form of a priority order for the Highways method and a rating value for the PCI (Pavement Condition Index) method. The results of research conducted on a 9.4 km field survey showed that there were nine types of damage on this road section. Types of damage include alligator skin cracks, edges, slips, smoothing, wear, grain removal, holes, patches and bumps down. The average PCI (Pavement Condition Index) value from this test is 78.52 and the Bina Marga value is 3.77, with a priority order value of >7 so that this road section is included in the routine maintenance program. The repair methods used include P2, P3, P4, P5, and P6. Furthermore, for the budget plan, the estimate needed for repairs is IDR 2,952,260,602 It says two billion, nine hundred and fifty-two million, two hundred and sixty thousand, six hundred and two rupiah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pemeliharaan, Tingkat Kerusakan, Metode Bina Marga, Metode Pavement Condition Indeks (PCI)
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE250.P475 Pavements--Design and construction--Estimates.
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D4)
Depositing User: Fadhil Raihan Hasibuan
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:49
Last Modified: 29 Aug 2024 01:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113119

Actions (login required)

View Item View Item