EVALUASI LAIK FUNGSI JALAN DENGAN METODE PEMERINGKATAN BINTANG PADA RUAS JALAN RAYA MASTRIP KOTA SURABAYA

Adhista, Nanda Tri A (2024) EVALUASI LAIK FUNGSI JALAN DENGAN METODE PEMERINGKATAN BINTANG PADA RUAS JALAN RAYA MASTRIP KOTA SURABAYA. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2035201095_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2035201095_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Jalan raya merupakan prasarana transportasi darat yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Rancangan geometrik jalan harus mempertimbangkan kenyamanan dan keamanan untuk memastikan distribusi barang yang lancar. Surabaya, sebagai ibu kota Provinsi Jawa Timur, adalah pusat kegiatan pemerintahan, industri, perdagangan, dan pendidikan. Aktivitas yang padat menyebabkan peningkatan lalu lintas dan kecelakaan, terutama di ruas Jalan Raya Mastrip.
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 06/P/BM/2024 menetapkan pedoman dan standar teknis untuk pengujian, evaluasi, dan penetapan laik fungsi jalan umum, termasuk teknis geometrik jalan, struktur perkerasan jalan, perlengkapan jalan, pemanfaatan jalan, manajemen dan rekayasa lalu lintas. Dalam evaluasi menggunakan metode pemeringkatan bintang, Jalan Raya Mastrip mendapat skor Bintang 4. Skor ini dipengaruhi oleh kondisi fisik jalan, kepadatan lalu lintas, dan fasilitas keselamatan. Berdasarkan Peraturan Menteri PUPR Nomor 11/P/BM/2024, jalan dengan Bintang 4 dianggap sangat berkeselamatan dan memenuhi kriteria laik fungsi.
Langkah peningkatan yang direkomendasikan mencakup perbaikan kualitas marka jalan, pemeliharaan rutin, penambahan rambu-rambu, papan informasi, dan penerangan jalan. Total biaya proyek untuk peningkatan kualitas dan keselamatan jalan mencapai Rp 1.071.960.857,13 setelah penambahan PPN.

Kata kunci: Jalan Raya, Evaluasi Laik Fungsi Jalan, Pemeringkatan Bintang, Jalan Raya Mastrip, Keselamatan Jalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA443.A7 Asphalt
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D4)
Depositing User: Adhista Nanda Tri Ariesta
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:47
Last Modified: 05 Aug 2024 02:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113130

Actions (login required)

View Item View Item