PENENTUAN AKTIVITAS KREATIF DAN KATEGORI WISATAWAN PADA PENGEMBANGAN DESA WISATA DI DPD SONGGO NEGORO KABUPATEN BANTUL

Rachajudan, Ikkyu (2024) PENENTUAN AKTIVITAS KREATIF DAN KATEGORI WISATAWAN PADA PENGEMBANGAN DESA WISATA DI DPD SONGGO NEGORO KABUPATEN BANTUL. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5015201046_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5015201046_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (8MB)

Abstract

Destinasi Pariwisata Daerah (DPD) Songgo Negoro merupakan salah satu dari 5 Destinasi Pariwisata Daerah di Kabupaten Bantul yang kepariwisataannya dikembangkan menjadi pariwisata berbasis kreativitas. Untuk mengembangkan pariwisata kreatif di suatu daerah dapat dilakukan dari komunitas kecil seperti desa wisata. Namun, desa wisata yang ada di DPD Songgo Negoro yakni Desa Wisata Kajigelem, Jagalan, Tembi, dan Wirokerten belum memiliki pemetaan terkait dengan jenis aktivitas kreatif dan juga kategori wisatawan yang mengunjungi masing-masing desa wisata. Dalam pengembangan pariwisata kreatif diperlukan pemetaan terkait jenis aktivitas kreatifdan pengkategorian wisatawan. Untuk memetakan kedua hal tersebut digunakan analisis deskriptif, analisis isi, skoring, dan analisis kelompok yang datanya diambil dengan cara primer dan sekunder. Hasilnya didapatkan bahwa berdasarkan hasil triangulasi dari analisis isi, observasi lapangan, dan studi literatur dapat diketahui bahwa Desa Wisata Kajigelem memiliki jenis aktivitas kreatif berbasis teknologi, Desa Wisata Jagalan memiliki jenis aktivitas kreatif berbasis gaya hidup, Desa Wisata Tembi memiliki jenis aktivitas kreatif berbasis teknologi, dan Desa Wisata Wirokerten memiliki aktivitas kreatif berdasarkan gaya hidup. Sedangkan berdasarkan hasil analisis skor yang dilanjutkan dengan analisis kelompok didapatkan bahwa kategori wisatawan yang dominan mengunjungi Desa Wisata Kajigelem adalah wisatawan berkategori casual creative tourist, wisatawan terbanyak di Desa Wisata Jagalan berkategori casual creative tourist, wisatawan terbanyak di Desa Wisata Tembi berkategori incidental creative tourist, dan wisatawan terbanyak Desa Wisata Wirokerten memiliki kategori incidental creative tourist.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Desa Wisata, DPD Songgo Negoro, Kategori Wisatawan, Jenis Aktivitas Kreatif, Pariwisata Kreatif, DPD Songgo Negoro, Creative Tourism, Tourism Villages, Tourist Categories, Types of Creative Activities
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G155 Tourism
G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G155.A55 Tourism and city planning
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Regional and Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ikkyu Dewo Rachajudan
Date Deposited: 09 Aug 2024 03:40
Last Modified: 09 Aug 2024 03:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113198

Actions (login required)

View Item View Item