Analisis Cost Benefit pada Kapal Oil Tanker 6661 DWT dengan Tindakan Optimasi Kecepatan Pelayaran Kapal Menggunakan Model Prediksi Nilai dan Rating Carbon Intensity Indicator (CII)

Wardhana, Renaldi Satria (2024) Analisis Cost Benefit pada Kapal Oil Tanker 6661 DWT dengan Tindakan Optimasi Kecepatan Pelayaran Kapal Menggunakan Model Prediksi Nilai dan Rating Carbon Intensity Indicator (CII). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5019201140-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5019201140-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Strategi greenhouse gas emission IMO tahun 2023 memperkirakan pengurangan intensitas karbon pada pelayaran internasional sebagai rata-rata di pelayaran internasional, setidaknya sebesar 40% pada tahun 2030. Misi ini sedang dijalankan oleh salah satu perusahaan shipping line nasional dengan 75 current project decarbonization proyeksi total pengurangan emisi sebesar 16.917 tCO2e. Carbon Intensity Index (CII) memberikan dampak yang besar pada operasi dan rating kapal pelayaran internasional karena dengan memproyeksikan rating CII secara akurat dapat membantu operator kapal secara dinamis mengevaluasi nilai CII pada akhir tahun. Pemilihan tindakan dekarbonisasi yang sesuai dalam pemenuhan regulasi IMO berhubungan erat dengan total nilai investasi yang dikeluarkan. Hal ini didasarkan atas proses penemuan titik seimbang antara meraup laba bersih dan menyesuaikan regulasi CII. Skenario rating CII kapal MT. X perlu adanya pengurangan kecepatan menjadi 9 knot pada tahun 2024- 2029 dan 8 knot pada tahun 2030 serta penurunan laba bersih sebesar 14.39% pada tahun 2024-2030 untuk mendapatkan rating B. Untuk mendapatkan rating C, adanya penurunan laba bersih sebesar 11.83% beserta penurunan kecepatan dari kondisi aktual 11 knot menjadi 10 knot pada tahun 2024-2029 dan 9 knot pada tahun 2030. Jika menargetkan rating CII tertinggi dari kondisi aktual, perlunya pengurangan kecepatan sampai 6 knot dan penurunan laba bersih 39.11% tanpa skenario penurunan kecepatan. Maka dari itu perlunya corrective action yang diperlukan bagi perusahaan shipping line untuk menjalankan proyek dekarbonisasi.
======================================================================================================================================
The IMO greenhouse gas emission strategy 2023 foresees a reduction in carbon intensity on international shipping as an average on international shipping, by at least 40% by 2030. This mission is being carried out by one of the national shipping lines with 75 current decarbonization projects projecting a total emission reduction of 16,917 tCO2e. The Carbon Intensity Index (CII) has a major impact on the operation and rating of international shipping vessels because accurately projecting the CII rating can help ship operators dynamically evaluate the CII value at the end of the year. The selection of appropriate decarbonization measures in compliance with IMO regulations is closely related to the total investment spent. It is based on the process of finding the balance point between earning net profit and complying with CII regulations. The best scenario of MT. X vessel needs a reduction in speed to 9 knots in 2024-2029 and 8 knots in 2030 and a decrease in net profit of 14.39% in 2024- 2030 to get a B rating. To obtain a C rating, there is a decrease in net profit of 11.83% along with a decrease in speed from the actual condition of 11 knots to 10 knots in 2024-2029 and 9 knots in 2030. If targeting the highest CII rating from actual conditions, a reduction in speed to 6 knots and a 39.11% decrease in net profit without a speed reduction scenario is required. Therefore, corrective actions are needed for shipping line companies to carry out decarbonization projects.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: CII, CBA, FOC, dekarbonisasi, optimasi kecepatan CII, CBA, FOC, decarbonization, speed optimization.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM276.A1 Fuel (Including supplies, costs, etc.)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM751 Resistance and propulsion of ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH)
Depositing User: Renaldi Satria Wardhana
Date Deposited: 07 Aug 2024 01:56
Last Modified: 07 Aug 2024 01:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113226

Actions (login required)

View Item View Item