KAJIAN LALU LINTAS PELAYARAN KAPAL PENUMPANG RUTE MERAK – BAKAUHENI DENGAN FORMAL SAFET ASSESSMENT (FSA) – ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Leksono, Yoga Ary (2024) KAJIAN LALU LINTAS PELAYARAN KAPAL PENUMPANG RUTE MERAK – BAKAUHENI DENGAN FORMAL SAFET ASSESSMENT (FSA) – ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Other thesis, Intitut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5019201051_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5019201051_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Rute pelayaran Merak-Bakauheni merupakan salah satu jalur penyeberangan tersibuk di Indonesia yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatra. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lalu lintas pelayaran kapal penumpang di rute tersebut dengan menggunakan metode Formal Safety Assessment (FSA) dan Analytical Hierarchy Process (AHP). FSA digunakan untuk mengidentifikasi potential hazard hingga tahap risk control option, sedangkan AHP digunakan untuk menentukan prioritas mitigasi risiko yang paling tepat dilakukan berdasarkan kriteria yang dipakai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa faktor risiko utama yang mempengaruhi keselamatan pelayaran di rute ini meliputi kondisi teknis kapal, prosedur operasional, cuaca, dan kepadatan lalu lintas. Skenario kecelakaan yang paling mungkin terjadi adalah kecelakaan kapal dengan benda lainnya saat berada di daerah pelabuhan. Berdasarkan analisis risiko, langkah-langkah mitigasi yang direkomendasikan adalah peningkatan infrastruktur Pelabuhan yang mencakup perbaikanfasilitas Pelabuhan dan penambahan rambu penanda dan lampu di daerah rawan seperti Catwalk, Trestle, Jetty, Rubber Fender, dan Movable Bridge.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analytical Hierarchy Process, Formal Safety Assessment, Keselamatan Pelayaran, Merak-Bakauheni, Mitigasi Risiko, Analytical Hierarchy Process, Formal Safety Assessment, Marine Safety, Merak-Bakauheni, Risk Mitigation
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yoga Ary Leksono
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:34
Last Modified: 07 Aug 2024 02:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113251

Actions (login required)

View Item View Item