Analysis Efektivitas Shore Connection Dalam Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) Pada Kapal Sandar di Terminal Petikemas

Bramastya, Marco Jose Putra (2024) Analysis Efektivitas Shore Connection Dalam Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) Pada Kapal Sandar di Terminal Petikemas. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5019201146_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5019201146_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Emisi merupakan pencemar udara yang dihasilkan dari kegiatan manusia yang mempunyai atau tidak mempunyai potensi pencemaran udara. Senyawa yang dapat terindikasi sebagai pencemar dalam hal ini merupakan emisi yang dihasilkan secara alami maupun buatan, yakni seperti karbon dioksida (CO2), metana (CH4), dan nitrous oksida (N2O). Senyawa tersebut dapat menjadi pengaruh besar dalam kerusakan lingkungan, salah satunya efek gas rumah kaca (GRK) yang menjadi faktor utama pemanasan global. Pada penelitian ini, dilakukan studi kasus pada kapal yang di area Terminal Petikemas. Terdapat jejak karbon akibat proses pembakaran bahan bakar pembangkit sebagai bagian dari industri. Perlunya pengurangan jejak karbon guna mendukung gerakan ramah lingkungan. Maka dari itu, digunakan metode shore connection sebagai pengganti fungsi pembangkit kapal saat bersandar dalam hal proses loading-unloading maupun proses lainnya. Shore connection digunakan untuk mengurangi efek emisi dari pembakaran bahan bakar pada generator kapal, serta pada penelitian ini didukung dengan menggunakan bahan bakar Biodiesel (B30). Dengan metode shore connection serta penggunaan Biodiesel (B30) sebagai bentuk upaya mengurangi emisi pada Terminal Petikemas, digunakan Teknik Marginal Abatement Cost (MAC) untuk menghitung pengurangan emisi dan dilakukan pembuatan kurva yang digunakan untuk menganalisa pengurangan emisi ini. Diharapkan pada penelitian ini, dapat memberikan hasil pengurangan emisi yang layak baik itu dari segi lingkungan maupun segi ekonomi. =============================================
shore connection and the use of Biodiesel (B30) as a form of effort to reduce emissions at the Container Terminal, the Marginal Abatement Cost (MAC) technique was used to calculate the emission reduction and a curve was created which was used to analyze this emission reduction. It is hoped that this research can provide appropriate emission reduction results both from an environmental and economic perspective.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Biodiesel (B30), emissions, MAC, shore connection.Biodiesel (B30), Emosi, MAC, Shore Connection
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > V Naval Science (General) > V220 Naval ports, bases, reservations, docks, etc.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Marco Jose Putra Bramastya
Date Deposited: 08 Aug 2024 01:27
Last Modified: 08 Aug 2024 01:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113466

Actions (login required)

View Item View Item