Yusriyyah, Zaidan Atha (2024) Perancangan "Social Media Style Guideline" Untuk Menunjang Pemasaran Digital Lembaga Pendidikan Formal (Studi Kasus Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Al-Hikmah). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
5030201030-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2026. Download (20MB) | Request a copy |
Abstract
Media sosial saat ini telah menjadi salah satu pilihan media yang efektif untuk kegiatan pemasaran digital karena beragamnya pilihan platform pendukung publikasi informasi bisnis serta akses dalam menjangkau audiens atau calon konsumen menjadi jauh lebih luas, mudah, dan cepat. Selain itu, bisnis dapat mudah dianalisa dan dipantau perkembangannya dengan fitur yang tersedia pada tiap platformnya. Dalam melakukan pemasaran digital melalui media sosial tidak lepas dari dibutuhkannya strategi pengelolaannya yang tepat. Strategi pengelolaan media sosial meliputi strategi gaya komunikasi, visual, dan media platform. Hal ini yang nantinya akan berpengaruh pada bertahannya hingga meningkatnya kesadaran merek dari suatu bisnis. Pada studi kasus pengelolaan berbagai platform media sosial meliputi Instagram, Facebook, Youtube, dan Tiktok untuk kegiatan pemasaran digital dari Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Al-Hikmah yang menaungi beragam unit dan jenjang dibawahnya belum memiliki standar gaya dan strategi pengelolaannya tersendiri sehingga berdampak pada stagnan dan menurunnya tingkat interaksi audiens serta berujung pada menurunnya pendaftar peserta didik baru dalam rentang 5 tahun terakhir. Dengan beragamnya akun media sosial unit dan jenjang yang dinaungi dan dikelola YLPI Al-Hikmah maka perlu suatu panduan pengelolaan gaya media sosial yang saling terintegrasi dan konsisten.
Perancangan panduan gaya media sosial ini menggunakan beberapa metode penelitian. Mulai dari studi literatur terkait lembaga pendidikan formal, pemasaran digital, pemasaran media sosial, digital branding, social media branding, dan social media style guide, kemudian observasi visual dan dataset statistik, lalu studi eksisting termasuk kompetitor, setelah itu wawancara mendalam kepada stakeholder perancangan, hingga perancangan konsep desain denga studi eksperimental.
Tujuan dari perancangan panduan gaya media sosial ini adalah agar mudah diterapkan oleh pihak pengelola dari YLPI Al-Hikmah dalam mengelola berbagai akun media sosial setiap unit dan jenjangnya menjadi lebih terarah, konsisten, dan terintegrasi. Selain itu, melalui perancangan ini diharapkan dapat menunjang kegiatan pemasaran digital lembaga pendidikan formal sehingga mampu membantu meningkatkan minat target segmen dan berujung pada meningkatnya calon peserta didik baru.
=======================================================================================================
Social media nowadays has been one of the most effective media for digital marketing because it has a variety of platform to support business’s information publication and access in reaching audience or potential customer become further, wider, and faster. Beside that, business’s digital marketing performance is easy to analyzed and tracked with the tools that are available in each platforms. Social media marketing can’t be separated from the needs for an appropriate management strategy. The social media management strategy includes communication, visual, and platform media style strategies. This will later affect the durability and can even elevate business’s brand awareness. In the case study of Al-Hikmah Islamic Educational Institution’s various social media platform management including Instagram, Facebook, Youtube, and Tiktok for digital marketing activities doesn’t have its own standard style and management strategy which has an impact on stagnant even decreasing levels of audience’s engagement rate and resulting to low enrollment of new students registration in the last 5 years. With the variety of unit and level social media accounts that are managed by Al-Hikmah, there is a need for an integrated and consistent social media style guide.
The design process of this social media style guideline uses several research methods. Starting from literature studies related to formal education institutions, digital marketing, social media marketing, digital branding, social media branding, and social media style guides, then visual observations and statistical datasets, then existing studies including competitors, after that in-depth interviews with design stakeholders, to designing design concepts with experimental studies.
The aim of designing this social media style guide is to make it easy for the management of YLPI Al-Hikmah to implement it in managing various social media accounts for each unit and level to be more focused, consistent and integrated. Apart from that, through this design it is hoped that it can support the digital marketing activities of formal educational institutions so that it can help increase the interest of the target segment and lead to an increase in prospective new students.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Formal Educational Institution, Digital Marketing, Social Media, Style Guide, Lembaga Pendidikan Formal, Pemasaran Digital, Media Sosial, Panduan Gaya |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | ZAIDAN ATHA YUSRIYYAH |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 06:48 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 06:48 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/113528 |
Actions (login required)
View Item |