Jelajah Arti Penting Ornamen Siwa Talang Sebagai Estetika Interior Pada Gereja Protestan Maluku

Maspaitella, Emanuelaj Irene (2024) Jelajah Arti Penting Ornamen Siwa Talang Sebagai Estetika Interior Pada Gereja Protestan Maluku. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6029221003-Master_Thesis .pdf] Text
6029221003-Master_Thesis .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan Ornamen Maluku hampir dijumpai di setiap gedung, baik di intansi/ perkantoran, lembaga pendidikan maupun fasilitas umum di kota Ambon. Namun, ornamen Maluku jarang ditemui di tempat-tempat ibadah, misalnya di gedung Gereja. Salah satu tempat ibadah yang menerapkan ornamen Maluku ada di Gereja Bukit Doa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui arti dan makna kehadiran ornamen Maluku di bangunan Gereja Bukit Doa sebagai obyek kasus. Makna ornamen Maluku Siwa Talang adalah sebagai lambang adat (wemale, oiale) yang berpusat pada “matahari”, “bulan”, dan “bumi” sebagai perlambangan subyek tertinggi yaitu kuasa-kuasa Tuhan.
Penelitian ini menggunakan mixed metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif melalui wawancara dan kuantitatif melalui kuisioner. Responden wawancara adalah ahli budaya Maluku, Pendeta, dan anggota jemaat. Sedangkan responden kuisioner dari masyarakat sejumlah 62 orang. Fokus teori yang digunakan adalah teori semiotika dengan mengambil variabel penelitian adalah, ornamen, estetika, dan interior.
Hasil dari penelitian ini adalah beberapa rekomendasi dalam penempatan dan penerapan ornamen Siwa Talang pada Gereja di Maluku. Selain itu, hasil riset ini adalah ditemukannya arti penting keberadaan ornamen Siwa Talang bagi masyarakat Maluku saat ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Desain Interior, Estetika, Ornamen, Maluku, Gereja.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA2750 Architectural design.
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Interior Design
Depositing User: Emanuelaj Irene Maspaitella
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:39
Last Modified: 09 Aug 2024 07:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113530

Actions (login required)

View Item View Item