Studi Peningkatan Daya Turbin pada Sistem Konversi Energi Arus Laut Berbasis TSR Dibantu Motor Listrik

handoko, catur (2024) Studi Peningkatan Daya Turbin pada Sistem Konversi Energi Arus Laut Berbasis TSR Dibantu Motor Listrik. Doctoral thesis, Sepuluh Nopember Institute of Technology.

[thumbnail of Disertasi Catur edited FINAL.pdf] Text
Disertasi Catur edited FINAL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tantangan utama dalam konversi energi arus laut adalah sifat arus yang fluktuatif, menyebabkan rendahnya faktor kapasitas sistem Pembangkit Listrik tenaga Arus Laut (PLTAL). Efisiensi PLTAL salah satunya ditentukan oleh koefisien daya atau Cp yang dipengaruhi oleh Tip Speed Ratio. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi tantangan tersebut melalui optimasi sistem konversi energi berbasis Tip Speed Ratio (TSR) yang dibantu oleh motor listrik.
Penelitian ini dilakukan dengan pembuatan model Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut (PLTAL) untuk keperluan studi peningkatan daya turbin berbasis kontrol Tip Speed Ratio (TSR). Sistem ini terdiri dari simulator turbin, sistem transmisi mekanik dan hidrolik, generator dan kontroler. Pengujian dilakukan di laboratorium untuk mengukur kinerja sistem. Tahapan riset pendukung mencakup pengujian simulator turbin arus laut, pengujian generator dan implementasi optimasi kontrol TSR pada sistem PLTAL dengan sistem transmisi mekanik. Dan untuk mendapatkan kelebihan dalam hal fleksibilitas dalam penempatan peralatan pendukung PLTAL maka dilakukan juga implementasi kontrol TSR pada sistem PLTAL dengan sistem transmisi hidrolik.
Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa pengujian simulator turbin arus laut dapat bekerja dengan baik. Fitur pengaturan torsi berhasil dikembangkan sehingga hasil perhitungan dan pengukuran torsi memiliki perbedaan yang sangat kecil. Pengujian generator juga menunjukkan bahwa perubahan torsi, daya mekanik turbin dan daya elektrik yang dihasilkan menunjukkan perilaku hubungan turbin dan generator sebagaimana yang diharapkan. Implementasi kontrol TSR pada sistem dengan transmisi mekanik menunjukan peningkatan daya turbin yang dinyatakan dengan nilai Cp sebesar 0.44 dan TSR sebesar 6.27 yang mendekati nilai optimum dengan perbaikan daya sebesar rata-rata 33%. Sementara itu implementasi kontrol TSR pada sistem dengan transmisi hidrolik didapatkan kenaikan daya sebelum dan sesuah optimasi sebesar rata-rata 16.3% meskipun ditemukan fakta adanya kehilangan daya yang tak harapkan akibat kerugian pada sistem transmisi hidrolik, sehigga diperlukan kajian lebih lanjut terkait hal ini.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power
Depositing User: Catur Rakhmad Handoko
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:45
Last Modified: 05 Aug 2024 03:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113559

Actions (login required)

View Item View Item