A Study on Improving Hydrophobicity of k-Carrageenan as a Biopolymer for Paper Coating Technology

Larasati, Wahyu Adinda (2024) A Study on Improving Hydrophobicity of k-Carrageenan as a Biopolymer for Paper Coating Technology. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6008221012-Master_Thesis.pdf] Text
6008221012-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Polisakarida jenis k-Karagenan (kC) merupakan biopolimer yang jumlahnya melimpah, mudah didapat, mudah terdegradasi, serta memiliki biaya produksi yang rendah menjadikannya alternatif yang menarik untuk menggantikan polimer sintetis dalam produk berkelanjutan. Meskipun demikian, penerapan kC sebagai pelapis kertas yang hidrofobik berbasis polisakarida masih terbatas, disebabkan oleh sifat hidrofiliknya. Oleh karena itu, modifikasi diperlukan dengan menambahkan komponen lain, seperti agen hidrofobik yaitu Pottasium Methylsilliconate (PMS) dan agen pengikat Citric Acid (CA), untuk meningkatkan sifat mekaniknya. Penelitian ini menunjukkan metode produksi lapisan hidrofobik pada kertas melalui pencampuran larutan dengan penambahan PMS dan CA. Analisis perilaku hidrofobik polisakarida yang dimodifikasi PMS dianalisis dengan hasil yang menunjukkan bahwa kertas yang dilapisi dengan PMS menunjukkan bahwa kertas yang dilapisi PMS memiliki ketahanan air yang baik, yang disebablan oleh struktur kC yang mampu menampung molekul PMS. Kertas dengan komposisi kC/PMS menunjukkan performa terbaik. Susut kontak statis yang dihasilkan mencapai 108° dan kertas tersebut dapat menahan air selama 4 jam serta minyak lebih dari 7 hari. Nilai kekuatan tarik terbaik yang tercatat mencapai 20.46 ± 2.27 MPa pada variabel kC/CA/PMS. Temuan ini membuka oeluan untuk studi lebih lanjut mengenai potensi k-karagenan sebagai pelapis kertas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: k-carrageenan, hidrophobicity, Pottasium Methylsilliconate
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
T Technology > TP Chemical technology > TP451.E3 Edible coatings.
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Chemical Engineering > 24101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Wahyu Adinda Larasati
Date Deposited: 12 Aug 2024 01:24
Last Modified: 12 Aug 2024 01:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113591

Actions (login required)

View Item View Item