Estimasi Penyebaran Penyakit Tuberkulosis dengan Menggunakan Metode Kalman Filtwe

Indarwati, Amrina Almaudiena (2024) Estimasi Penyebaran Penyakit Tuberkulosis dengan Menggunakan Metode Kalman Filtwe. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5002201119-UNDERGRADUATE_THESIS.pdf] Text
5002201119-UNDERGRADUATE_THESIS.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tugas Akhir ini bertujuan untuk melakukan estimasi penyebaran penyakit Tuberkulosis (TBC) di Indonesia menggunakan Metode Kalman Filter. TBC, penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis, masih menjadi masalah kesehatan global dengan dampak signifikan, terutama di Indonesia sebagai negara yang menduduki posisi kedua dengan beban TBC tertinggi di dunia. Oleh karena itu, penting untuk menyelidiki dinamika penyebaran kasus TBC melalui estimasi yang akurat.
Metode Kalman Filter dipilih karena telah terbukti berhasil diterapkan dalam estimasi penyebaran penyakit lain, seperti malaria. Metode ini membutuhkan model yang linier-diskrit-stokastik, sehingga dilakukan linierisasi, diskritisasi, dan penambahan faktor stokastik agar membentuk model yang sesuai. Pertama, dilakukan estimasi parameter menggunakan metode Kalman Filter untuk menenetukan parameter yang paling sesuai dengan kondisi sebenarnya. Selanjutnya, metode ini diterapkan untuk mengestimasi penyebaran penyakit TBC..
Hasilnya menunjukkan bahwa jumlah populasi manusia yang terinfeksi TBC di Indonesia pada tahun 2008-2022 mendekati data kumulatif tahunan penderita TBC di Indonesia pada dengan nilai MAPE sebesar 4,87%, yang mengindikasikan bahwa estimasi yang dilakukan sangat akurat, sehingga metode Kalman Filter dapat digunakan untuk mengestimasi variabel lainnya dalam konteks penyebaran TBC.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Estimasi Penyebaran, Tuberkulosis, Model SLITR, Kalman Filter, Disease Transmission Estimation, Tuberculosis, SLITR Model, Kalman Filter
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA401 Mathematical models.
Q Science > QA Mathematics > QA402 System analysis.
Q Science > QA Mathematics > QA402.3 Kalman filtering.
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Amrina Almaudiena Indarwati
Date Deposited: 06 Aug 2024 18:08
Last Modified: 06 Aug 2024 18:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113652

Actions (login required)

View Item View Item