Analisa Numerik Pengaruh Tata Letak Dan Ukuran Ventilator Untuk Menjaga Temperatur Ruang Mesin Kapal Bangun Rumah Sakit II Di PT. PAL Indonesia

Aziz, Muhammad Irsyad (2024) Analisa Numerik Pengaruh Tata Letak Dan Ukuran Ventilator Untuk Menjaga Temperatur Ruang Mesin Kapal Bangun Rumah Sakit II Di PT. PAL Indonesia. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2039201035-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
2039201035-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sistem ventilasi dan pengkondisian udara memiliki peran krusial dalam menjaga kenyamanan di dalam kapal, khususnya dalam ruang mesin yang menjadi pusat operasional mesin dan peralatan penunjang kapal. Dalam penelitian ini objek penelitian adalah ruang mesin pada kapal Bangun Rumah Sakit II (BRS-II). Kapal ini memiliki peran sebagai kapal pendukung operasi militer dibidang medis dan pengobatan. Oleh karena itu, desain sistem ventilasi yang optimal menjadi kunci untuk memastikan kondisi lingkungan yang sesuai dengan standar kesehatan dan kenyamanan, serta menjaga kinerja optimal dari mesin dan peralatan didalamnya. Ruang mesin kapal BRS II memiliki kondisi temperatur rata-rata 45oC yang mana nilai tersebut masih berada di garis batas nilai standar temperatur rata-rata ruang mesin kapal menurut BKI (Badan Klasifikasi Indonesia) sehingga perlu dilakukan pengkajian guna mendapatkan kondisi ruang mesin yang lebih baik. Evaluasi terhadap efektivitas sistem ventilasi sistem ventilasi ini dilakukan menggunakan pendekatan Computational Fluid Dynamics (CFD). Pendekatan ini memungkinkan untuk memeriksa sejauh mana desain tersebut mampu menciptakan sirkulasi udara yang sesuai dengan kebutuhan.
Hasil dari penelitian ini adalah dengan memberikan 3 variasi baru pada tata letak dan ukuran ducting, didapatkan penurunan nilai temperatur rata-rata diruang mesin BRS II yang semula bernilai 45oC turun menjadi 37,99oC serta diikuti oleh nilai kecepatan udara yang mengalami kenaikan dari semula 1,69 m//s menjadi 2,76 m/s.
============================================================
The ventilation and air conditioning system has a crucial role in maintaining comfort in the ship, especially in the engine room which is the center of engine operations and ship support equipment. In this study, the object of research is the engine room on the Bangun Rumah Sakit II (BRS-II) ship. This ship has a role as a supporting ship for military operations in the medical and medical fields. Therefore, the optimal design of the ventilation system is key to ensuring environmental conditions that comply with health and comfort standards, as well as maintaining optimal performance of the machinery and equipment inside. The engine room of the BRS II ship has an average temperature condition of 45oC, which is still at the limit of the standard value of the average temperature of the ship's engine room according to the BKI (Indonesian Classification Board), so it is necessary to conduct an assessment to get better engine room conditions. The evaluation of the effectiveness of the ventilation system was conducted using the Computational Fluid Dynamics (CFD) approach. This approach makes it possible to examine the extent to which the design is capable of creating the required air circulation.
The result of this study is that by providing 3 new variations in the layout and size of the ducting, a decrease in the average temperature value in the BRS II engine room was obtained, which was originally 45oC down to 37.99oC and followed by an increase in the air velocity value from 1.69 m/s to 2.76 m/s.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Ventilasi Udara, Penurunan Temperatur, CFD, Air Ventilation System, Temperature Reduction
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ762.E93 Exhaust systems
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4)
Depositing User: Muhammad Irsyad Aziz
Date Deposited: 06 Aug 2024 08:48
Last Modified: 06 Aug 2024 08:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113851

Actions (login required)

View Item View Item