FRAMEWORK GREEN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT KONSTRUKSI DENGAN PENGUKURAN SUSTAINABILITY PERFORMANCE

Pambayun, Dinda (2024) FRAMEWORK GREEN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT KONSTRUKSI DENGAN PENGUKURAN SUSTAINABILITY PERFORMANCE. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6012221129_Master Thesis.pdf] Text
6012221129_Master Thesis.pdf

Download (3MB)

Abstract

Industri konstruksi merupakan konsumen terbesar sumber daya dan energi dunia. Selain sebagai konsumen, industri konstruksi juga merupakan produsen emisi karbon dioksida terbesar. Ketika persaingan semakin ketat, meningkatnya kesadaran akan praktik ramah lingkungan mendorong perusahaan untuk bertindak secara etis dan bertanggung jawab secara sosial dalam rantai pasokan mereka. Penerapan Green Supply Chain Management (GSCM) sangat penting untuk mengurangi atau menghilangkan limbah, termasuk bahan kimia beracun, emisi, energi, dan limbah padat, di seluruh rantai pasokan konstruksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghubungkan kinerja, praktik dan faktor pendorong serta penghambat penerapan GSCM. Data penelitian ini diperoleh dari survey dan dianalisis menggunakan metode AHP-TOPSIS. Metode AHP digunakan untuk menghitung bobot dari masing-masing kriteria. Metode TOPSIS digunakan untuk mendapatkan peringkat alternatif. AHP mempunyai keunggulan dalam menentukan hierarki kriteria dan bobot kriteria, sedangkan TOPSIS mempunyai keunggulan dalam proses perangkingan alternatif. Hasil pemeringkatan kinerja berkelanjutan adalah kinerja lingkungan yang memduduki peringkat pertama disusul dengan kinerja ekonomi kemudian kinerja sosial. Hal ini mempengaruhi alternatif pilihan pertama pada Praktik GSCM dan Faktor Pendorong dan Penghambat GSCM. Alternatif pilihan pertama untuk masing-masing praktik GSCM adalah desain gedung dengan ventilasi alami, mensyaratkan supplier memiliki sertifikat ISO 14001 untuk dapat mengikuti tender, menyediakan mess untuk karyawan di dekat lokasi proyek, menjual kelebihan produk, menggunakan material prafabrikasi di proyek, mendaur ulang material hasil proses demolish, perusahaan menerapkan Environmental Management System (EMS) dan adanya sertifikasi ISO 14001. Untuk alternatif pilihan pertama faktor pendukung GSCM adalah keinginan untuk memasuki pasar global dan adanya peraturan pemerintah tentang perlindungan lingkungan. Sedangkan alternatif pilihan pertama untuk faktor penghambat GSCM adalah kurangnya pengetahuan kesadaran akan dampak terhadap lingkungan dan kurangnya penegakan hukum GSCM oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Faktor Pendorong dan Penghambat GSCM, GSCM, Kinerja Berkelanjutan, Praktik GSCM, Drivers and Barriers of GSCM, GSCM, GSCM Practices, Sustainable Performance.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Dinda Gita Pambayun
Date Deposited: 05 Aug 2024 08:48
Last Modified: 05 Aug 2024 08:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113894

Actions (login required)

View Item View Item