Muttaqin, Afwan Izzul (2024) ANALISIS PENGARUH PERUBAHAN MASSA FLYWHEEL DAN PEMBEBANAN GENERATOR TERHADAP PUTARAN PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA GELOMBANG LAUT. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
5019201020-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Kebutuhan energi listrik di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini memberikan dampak negatif terhadap lingkungan yang mengakibatkan pemanasan global. Penggunaan sumber energi terbarukan merupakan salah satu dari sekian banyak cara untuk mengurangi dampak perubahan iklim. Flywheel merupakan salah satu komponen utama dalam PLTGL-SP. Penelitian ini mengeksplorasi strategi optimasi pemanfaatan energi gelombang pada pembangkit listrik tenaga gelombang laut sistem bandul di tengah tantangan suplai energi yang bersifat intermiten akibat karakteristik gelombang yang berubah-ubah dan menyelidiki pengaruh parameter seperti dimensi dan variasi berat flywheel dalam menjaga kebutuhan RPM dan torsi minimum untuk Permanent Magnet Generator (PMG). Metode yang digunakan adalah eksperimen laboratorium, diikuti dengan analisis data. Beberapa variasi yang digunakan adalah variasi massa, RPM, dan beban generator. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa rotor dengan berat 5,979 kg memiliki energi kinetik yang lebih kecil yaitu 4,84 Joule dibandingkan dengan variasi massa 41,856 kg dengan 6645,52 Joule, hal ini membuktikan bahwa semakin besar massa dan putaran input pada flywheel, maka energi yang tersimpan pada flywheel akan semakin besar dan daya yang dilepaskan oleh flywheel juga akan semakin besar. Roda gila dengan energi kinetik yang lebih besar dapat menyimpan lebih banyak energi, sehingga memberikan suplai energi yang lebih stabil dan kontinyu. Torsi maksimum yang dibutuhkan oleh motor listrik untuk menggerakkan flywheel dan PMG adalah 29,69 Nm pada 350 RPM dengan beban PMG 295 watt, sedangkan torsi terendah adalah 1,942 Nm pada 200 RPM dengan beban 0 watt. Penurunan waktu putaran flywheel setelah dibebani PMG bervariasi dari 0,19% hingga 18,24%.
=======================================================================
The demand for electrical energy in Indonesia continues to increase every year. This has a negative impact on the environment resulting in global warming. The use of renewable energy sources is one of the many ways to reduce the impact of climate change. Flywheel is one of the main components in PLTGL-SP. This research explores the optimization strategy of wave energy utilization in pendulum system marine wave power plants amidst the challenges of intermittent energy supply due to variable wave characteristics and investigates the effect of parameters such as dimensions and weight variations of the flywheel in maintaining the minimum RPM and torque requirements for the Permanent Magnet Generator (PMG). The method used is laboratory experimentation, followed by data analysis. Some of the variations used are mass, RPM, and generator load variations. The experimental results show that the rotor weighing 5.979 kg has a smaller kinetic energy of 4.84 Joules compared to the mass variation of 41.856 kg with 6645.52 Joules, this proves that the greater the mass and input rotation on the flywheel, the greater the energy stored on the flywheel and the power released by the flywheel will also be greater. A flywheel with greater kinetic energy can store more energy, thus providing a more stable and continuous energy supply. The maximum torque required by the electric motor to drive the flywheel and PMG is 29.69 Nm at 350 RPM with 295 watts PMG load, while the lowest torque is 1.942 Nm at 200 RPM with 0 watts load. The decrease of flywheel rotation time after being loaded with PMG varies from 0.19% to 18.24%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Roda Gila, Energi Kinetik, Energi Terbarukan, Flywheel, Kinetic Energy, Renewable Energy |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1058 Rotors T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ164 Power plants--Design and construction T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ165 Energy storage. T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ541 Flywheels. T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ808 Renewable energy sources. Energy harvesting. |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Afwan Izzul Muttaqin |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 08:32 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 08:32 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/113957 |
Actions (login required)
View Item |