Studi Eksperimental Karakteristik Getaran Battery Pack Electric Vehicle Menggunakan Isolator Jenis Rubber Damping

Azhari, Farad (2024) Studi Eksperimental Karakteristik Getaran Battery Pack Electric Vehicle Menggunakan Isolator Jenis Rubber Damping. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5007201111-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5007201111-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Battery pack merupakan salah satu komponen penting dalam electric vehicle. Battery pack ini bertujuan untuk melindungi baterai dari hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu masalah yang sering terjadi dan mengakibatkan kerusakan karena adanya getaran yang tidak diinginkan pada battery pack. Untuk mencegah hal tersebut dapat menggunakan damper dengan isolator jenis rubber damping. Damper berfungsi sebagai peredam getaran sehingga, tidak menyebabkan kerusakan maupun hal lain yang tidak diinginkan. Rubber damp adalah salah satu jenis isolator yang biasa digunakan untuk meredam getaran karena efektivitasnya yang cukup tinggi dan harga yang relatif lebih murah dari isolator jenis lainnya. Penelitian ini menguji getaran dengan variasi jumlah isolator (3 dan 4 isolator) melalui uji guncangan (shock test) dan uji getaran sinusoidal (sine test). Pengukuran dilakukan menggunakan accelerometer yang terhubung dengan electrodynamic table shaker dan oscilloscope untuk mengukur percepatan, frekuensi resonansi, dan gaya redaman. Langkah-langkah penelitian mencakup studi literatur, identifikasi masalah, perancangan sistem dinamis, pembuatan alat uji, serta perencanaan parameter pengujian. Pada sine test, frekuensi diatur pada 5-20 Hz dengan amplitudo 1-1,5 g untuk menganalisis frekuensi resonansi, sedangkan untuk menghitung RMS, digunakan frekuensi 10 Hz dengan amplitudo 1 g yang konstan. Pada shock test, parameter yang digunakan adalah pulse duration 20 ms dan amplitudo 8 g untuk mengukur reduksi redaman. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan 4 isolator rubber damping memiliki RMS percepatan yang lebih rendah (0.152 m/s²) dibandingkan dengan 3 isolator (0.180 m/s²) dan tanpa isolator (0.416 m/s²), yang menunjukkan efisiensi yang lebih baik dalam meredam getaran. Pengujian Shock test juga menunjukkan bahwa peak voltage yang dihasilkan oleh 4 isolator 0.78 V (7.65 g) lebih rendah dibandingkan dengan 3 isolator 0.98 V (9.61 g) dan tanpa isolator 1.18 V (11.57 g), yang mengindikasikan kontrol tegangan yang lebih baik. Selain itu, frekuensi resonansi pada pengujian Sine test menunjukkan bahwa 4 isolator menghasilkan frekuensi resonansi yang lebih rendah (6.93 Hz) dibandingkan dengan 3 isolator (7.18 Hz) dan tanpa isolator (7.27 Hz), yang menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam menurunkan frekuensi resonansi sistem. Secara keseluruhan, 4 isolator rubber damping direkomendasikan untuk aplikasi yang membutuhkan stabilitas dan performa yang lebih tinggi dalam mengontrol getaran dan tegangan.
==============================================================================================================================
The Battery pack is a crucial component in electric vehicles, serving to protect the battery from unwanted factors. One common issue that can lead to damage is the presence of unwanted vibrations in the battery pack. To prevent this, a damper with a rubber damping isolator can be used. The damper functions as a vibration absorber, preventing damage or other undesirable effects. Rubber damping is one of the types of isolators commonly used to dampen vibrations due to its high effectiveness and relatively lower cost compared to other types of isolators. This study examines vibration by varying the number of isolators (3 and 4 isolators) through shock testing and sinusoidal vibration testing (sine test). Measurements were taken using an accelerometer connected to an electrodynamic table shaker and an oscilloscope to measure acceleration, resonant frequency, and damping force. The research steps included literature study, problem identification, dynamic system design, test equipment fabrication, and test parameter planning. During the sine test, the frequency was set at 5-20 Hz with an amplitude of 1-1.5 g to analyze the resonant frequency, while for calculating RMS, a frequency of 10 Hz with a constant amplitude of 1 g was used. In the shock test, the parameters used were a pulse duration of 20 ms and an amplitude of 8 g to measure damping reduction. The test results showed that using 4 rubber damping isolators resulted in a lower RMS acceleration (0.152 m/s²) compared to 3 isolators (0.180 m/s²) and without isolators (0.416 m/s²), indicating better efficiency in damping vibrations. The Shock test also showed that the peak voltage produced by 4 isolators was 0.78 V (7.65 g), lower than 3 isolators at 0.98 V (9.61 g) and without isolators at 1.18 V (11.57 g), indicating better voltage control. Additionally, the resonant frequency in the Sine test showed that 4 isolators produced a lower resonant frequency (6.93 Hz) compared to 3 isolators (7.18 Hz) and without isolators (7.27 Hz), indicating a better ability to reduce the system's resonant frequency. Overall, 4 rubber damping isolators are recommended for applications that require higher stability and performance in controlling vibration and voltage.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Battery pack, Vibration Test, Rubber damping, Getaran, Electric vehicle
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257.5 Automobiles--Shock absorbers--Design and construction.
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL445.M369 Motorcycles--Electric equipment--Maintenance and repair.
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Farad Azhari
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:55
Last Modified: 26 Aug 2024 03:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/113974

Actions (login required)

View Item View Item