Studi Pemodelan Numerik Penempatan Shark Fin Vortex Generator Dengan Susunan Sebaris Pada Dinding Kiri Dan Kanan Bus Penumpang

Sinaga, Haposan Misaelman (2024) Studi Pemodelan Numerik Penempatan Shark Fin Vortex Generator Dengan Susunan Sebaris Pada Dinding Kiri Dan Kanan Bus Penumpang. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6007221024-Master_Thesis.pdf] Text
6007221024-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Studi ini menganalisis pengaruh pemasangan Shark Fin Vortex Generator (SFVG)
dengan susunan sebaris pada dinding kiri dan kanan bus penumpang terhadap performa
aerodinamis kendaraan. Penggunaan model pemodelan numerik digunakan untuk
memvisualisasikan aliran udara di sekitar bus dan mengukur parameter-parameter kunci seperti
koefisien drag (CD), koefisien lift (CL), serta distribusi koefisien tekanan (CP). Analisis kontur
kecepatan udara menunjukkan bahwa SFVG secara signifikan mengoptimalkan aliran udara di
sekitar bus. Bus dengan SFVG mencapai kecepatan udara yang tinggi 50.23 km/h, sementara
bus tanpa SFVG hanya mencapai 49.83 km/h, mengindikasikan pengurangan hambatan
aerodinamis yang signifikan. Hasil analisis koefisien drag (CD) menunjukkan bahwa bus
dengan SFVG memiliki nilai CD yang lebih rendah, yaitu 0.63794782, dibandingkan dengan
bus tanpa SFVG yang memiliki nilai rata-rata sekitar 0.70191103. Meskipun perbedaannya
kecil, ini menunjukkan bahwa SFVG memiliki potensi untuk mengurangi gaya hambat
aerodinamis. Perbedaan dalam nilai koefisien lift (CL) antara bus dengan SFVG (sekitar
0.040190537) dan bus tanpa SFVG (sekitar 0.05368355) juga diamati, menunjukkan bahwa
SFVG mempengaruhi distribusi gaya angkat pada bus. Analisis distribusi tekanan
menunjukkan bahwa SFVG mengubah distribusi tekanan di sekitar bus. Kontur tekanan pada
bus dengan SFVG menunjukkan tekanan terkonsentrasi di bagian depan bus dengan puncak
tekanan sekitar 213.22 Pa, sementara bus tanpa SFVG menunjukkan puncak tekanan yang
lebih tinggi, mencapai 465.17 Pa di bagian yang sama. Studi ini juga mengevaluasi potensi
SFVG dalam mengurangi konsumsi bahan bakar dan dampak lingkungan dari transportasi
umum melalui pengurangan gaya drag. Hasil analisis menunjukkan bahwa SFVG memiliki
potensi untuk meningkatkan efisiensi energi dan performa aerodinamis bus secara keseluruhan.
Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami dampak penuh dari penggunaan SFVG
dalam konteks ini.
Kata kunci: Shark Fin Vortex Generator (SFVG), Performa aerodinamis, Pengurangan
hambatan aerodinamis, Efisiensi energi, Transportasi umum
============================================================
This study analyzed the effects of the wiring of the shark's fin vortex generator (SFVG)
ina row on the bus's left and right walls to the aerodynamic performance of vehicles. The use
of numerical modeling models is used to visualize airflow around buses and measure key
parameters such as koefficient drag (CD), elevator coefficients (cl), and the distribution of
coefficient pressure (cp). Aerial velocity contour indicates that SFVG is significantly
optimizing air flow around buses. A bus with SFVG reaches a high airspeed of 50.23 km/h,
while a bus with no SFVG reaches only 49.83 km/h, indicating a significant reduction in
aerodynamic drag. The coefficient analysis of drag (CD) shows that buses with SFVG have
lower CD scores, which is 0.63794782, compared to no SFVG buses that have an average
value of about 0.70191103. Though the differences are small, this suggests that SFVG has the
potential to reduce the aerodynamic resistance force. The differences in lift coeffluent (cl)
between buses and SFVGS (about 0.040190537) and buses without SFVGS (about 0.05368355)
were also observed, indicating that SFVG affected the distribution of lift force on buses.
Pressure distribution analysis shows that SFVG changes the distribution of pressure around
the bus. The pressure conversions on the bus with SFVG show concentrated pressure on the
front of the bus with a pressure peak of about 213.22 pa, while buses with no SFVG
Key words: Shark Fin Vortex Generator (SFVG), Passenger Bus Aerodynamics, Drag
Coefficient (CD), Lift Coefficient (CL)

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Shark Fin Vortex Generator (SFVG), Performa aerodinamis, Pengurangan hambatan aerodinamis, Efisiensi energi, Transportasi umum : Shark Fin Vortex Generator (SFVG), Passenger Bus Aerodynamics, Drag Coefficient (CD), Lift Coefficient (CL)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ561 Surface
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Haposan Misaelman Sinaga
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:24
Last Modified: 25 Sep 2024 03:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/114130

Actions (login required)

View Item View Item