Serious Game Supply Chain Management Menggunakan Blockchain

Putri, Astrid Novita (2024) Serious Game Supply Chain Management Menggunakan Blockchain. Doctoral thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111860010004 -Dissertation.pdf] Text
07111860010004 -Dissertation.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pertanian adalah salah satu mata pencaharian masyarakat Indonesia. Di Indonesia rantai perdagangan pertanian sering menyebabkan harga yang tidak stabil. Hal ini sebabkan oleh stok yang kurang memenuhi kebutuhan konsumen serta rantai distribusi perdagangan yang rumit. Rantai distribusi saat ini melibatkan beberapa pihak yaitu petani, pengepul kecil, pengepul besar, pedagang grosir dan pedagang ecer di pasar
tradisional, dan konsumen. Hal tersebut membuat rantai distribusi perdagangan menjadi panjang menuju konsumen sehingga menyebabkan harga meningkat. Selain itu,
permainan harga dari tengkulak (pengepul) sulit dipahami dan dapat merugikan petani. Dalam rangka mendukung Dynamic supply chain (DSC), petani dapat secara langsung
menjual produknya ke manufaktur, distributor atau ke konsumen tanpa perantara. Petani diuntungkan dengan harga stabil dari hasil produksi di pasar dan konsumen juga
diuntungkan karena harga beli lebih rendah. Petani yang memahami supply chain
management tidak perlu menjual hasil pertanian ke tengkulak (pengepul). Peneliti membuat solusi dengan memanfaatkan serious game berbasis simulasi media pembelajaran yang dikembangkan sebagai pendukung pengambilan keputusan pemotongan jalur distribusi. Penelitian ini mengusulkan serious game sebagai media pembelajaran untuk memberikan simulasi kepada petani dan konsumen, mengkolaborasikan serta menggembangkan sebuah pertanian cerdas berbasis serious game. Supply chain
management dapat mengoptimalkan hasil produksi dalam pengambilan keputusan pemotongan jalur distribusi. Teknologi blockchain sebagai media pengaman data pada
ledger serta payung untuk petani dan konsumen. Teknologi ini dapat memberikan keuntungan baik untuk petani maupun konsumen. Dengan menggunakan metode simpleks fungsi obyektif dari fungsi pareto front dan weighted-sum dapat
mengoptimalkan produksi dengan bobot yang sesuai berdasarkan kepentingan relatif dari masing-masing tujuan. Metode ini sebagai solusi optimasi permasalahan jamak dengan
mencari solusi untuk semua tujuan dengan memaksimalkan produksi petani karena memiliki keputusan permasalahan jamak atau multi objective optimization (MOO) menggunakan liniear programing. Liniear programing merupakan pengembangan dari
penelitian sebelumnya dalam menemukan solusi permasalahan dengan tujuan pemotongan jalur distribusi dari 6 rantai menjadi 4 rantai yaitu petani, KUD (Koperasi
Unit Desa), distributor dan konsumen menggunakan variabel rata- rata dengan total konsumsi dan stok di petani dan KUD.
Hasil optimasi untuk mendapatkan nilai fungsi tujuan dengan memaksimalkan produksi, dengan fungsi tujuan untuk Z1 menggunakan metode simpleks untuk hasil
optimasi produksi sebesar 7.591,044 dan Z2 menggunakan metode simpleks untuk hasil
optimasi rata-rata konsumsi sebesar 854,598 stok per orang per kapita dalam 1 tahun.
Berdasarkan rata-rata konsumsi, didapat jumlah rata rata pada komoditas kacang kedelai
dan jagung. Untuk trade-off (biaya peluang) f A(X^) dan f B(X^) menunjukkan jumlah x konsumsi terhadap jagung sebesar 57,745 dan kacang kedelai sebesar 1,29257 stok per
kapita per orang. Kemudian metode pareto front merupakan representasi geometris Z1
untuk komoditas kacang kedelai dan Z2 untuk komoditas jagung terhadap trade off.
Fase pengujian menggunakan metode heuristic evaluation berdasarkan user interface pada tampilan grafis dari game diharapakan dapat dimengerti dengan mudah
oleh aktor yang terlibat dalam serious game and user experience. Kesesuaian fitur dan
kebutuhan pengguna pada serious game dapat menimbulkan kenyamaan aktor terkait transaksi menggunakan smart contract blockchain. Hasilnya adalah smart contract User
Registration (UR) 100%, FarmerStock 80% & FarmerShop (FSH) 90%, FarmerKUDTransaction (FK) 75%, KUDStock (KS) 100% & KUDShop (KSH) 90%, KUDConsumerTransaction (KD) 78%, FarmerAuction(FA) 55%, FarmerKUDBidding
Transaction (FBT) 75% dan ConsumerStock (CS) 88%.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: smart contract, blockchain, optimasi produksi, serious game, simpleks,pareto
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20001-(S3) PhD Thesis
Depositing User: ASTRID NOVITA PUTRI
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:33
Last Modified: 12 Aug 2024 04:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/114152

Actions (login required)

View Item View Item