SIMULASI DISTRIBUSI UDARA DAN KELEMBABAN UNTUK CONTROLLED ATMOSPHERE STORAGE (CAS)

Andini, Rika Oktaviana (2024) SIMULASI DISTRIBUSI UDARA DAN KELEMBABAN UNTUK CONTROLLED ATMOSPHERE STORAGE (CAS). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5019201154_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5019201154_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Controlled Atmosphere Storage (CAS) merupakan teknik penyimpanan produk buah dan sayuran yang dapat mempertahankan kualitas produk dengan cara memberikan kondisi udara yang berbeda dengan kondisi udara normal, khususnya proporsi O2 dan CO2. Komposisi pada kondisi normal udara adalah nitrogen (N2) 78,08 %, oksigen (O2) 20,96 %, dan karbon dioksida (CO2) 0,03 %, bersama dengan variasi konsentrasi uap air dan gas mulia yang berjumlah sangat sedikit. Banyak bahan pangan yang membusuk dengan cepat dalam udara karena kadar airnya yang cukup tinggi, bereaksi dengan udara, dan membantu pertumbuhan mikroorganisme aerobik, seperti bakteri dan jamur. CAS yang di desain untuk simulasi menggunakan showcase UCHIDA 188 dengan ukuran 560 mm x 495 mm x 153 mm. Pada eksperimen, hasil yang diperoleh menunjukkan suhu 28°C dengan kelembaban relatif 94,9%. Sementara itu, simulasi tanpa beban mangga menunjukkan suhu 13,40°C dan kelembaban relatif 89,5%. Simulasi dengan 6 beban mangga menunjukkan suhu 13,20°C dan kelembaban relatif 90%. Simulasi dengan 9 beban mangga menunjukkan suhu 13,40°C dan kelembaban relatif 91%. Hal ini menunjukkan bahwa keberadaan beban mangga dalam ruang penyimpanan mempengaruhi
distribusi suhu dan kelembaban. Beban mangga membantu menyerap dan menyebarkan udara dingin, yang menurunkan suhu rata-rata dan mempertahankan kelembaban relatif lebih tinggi, sehingga menjaga kondisi penyimpanan lebih stabil. Perbedaan yang signifikan antara penurunan suhu dalam eksperimen dan simulasi dapat disebabkan oleh parameter yang berbeda dari kondisi nyata dalam eksperimen, seperti faktor kecepatan udara, laju aliran udara, dan presisi pengukuran yang bisa berbeda antara simulasi dan eksperimen. Selain itu, dalam eksperimen nyata, ada kemungkinan terdapat faktor eksternal yang tidak terkontrol, seperti variasi kecil dalam suhu ambient, kelembaban, atau adanya kehilangan panas yang tidak terprediksi. Perbedaan ini menekankan pentingnya validasi model simulasi dengan data eksperimen nyata untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: CAS, distribusi udara, kelembaban, ansys CAS, air distribution, humidity, ansys
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rika Oktaviana Andini
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:05
Last Modified: 07 Aug 2024 02:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/114172

Actions (login required)

View Item View Item