Lutvan, Fildzan Mauriz (2024) Analisis Kinerja Kampas Rem Kendaraan Mitsubishi Colt L300 pada Berbagai Variasi Kecepatan dan Tekanan Minyak Rem. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
5007201226-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2026. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia menghadapi tantangan serius dalam keamanan lalu lintas, dengan jumlah kecelakaan yang terus meningkat setiap tahun. Faktor utama penyebab kecelakaan adalah faktor manusia, kondisi jalan, dan kendaraan, dimana faktor kendaraan dapat dikendalikan langsung oleh pengendara. Sistem rem, sebagai komponen vital kendaraan, harus selalu optimal untuk menjamin keselamatan. Sekitar 80% kecelakaan pada angkutan umum dan barang disebabkan oleh kegagalan sistem rem dan kelelahan pengemudi, dengan sekitar 5.200 kasus akibat rem blong. Faktor penyebab rem blong termasuk performa buruk sistem rem, keausan atau kerusakan pada permukaan kampas rem juga dapat menyebabkan penurunan kemampuan cengkeraman akibat material debris atau kotoran yang menghambat sistem rem, serta kondisi temperatur tinggi atau overheating yang dapat mengurangi efektivitas pengereman. Prediksi performa kampas rem dapat digunakan dalam Sistem Peringatan Dini (EWS) untuk memberikan peringatan dini dan memungkinkan tindakan preventif dilakukan. Namun, belum ada standar pengujian di Indonesia yang spesifik untuk uji kinerja kampas rem pada kecepatan dan tekanan minyak rem yang dipakai pada kendaraan aslinya. Penelitian ini melibatkan desain alat uji eksperimen menggunakan SolidWorks untuk memutar tromol Mitsubishi Colt L300, dilengkapi sensor untuk mengumpulkan data kinerja kampas rem pada kondisi aslinya. Evaluasi dilakukan dengan analisis statistik untuk menilai pengaruh kecepatan dan tekanan minyak rem terhadap kinerja kampas rem, terutama nilai koefisien gesek pada rentang temperatur saat kondisi operasional. Perubahan tersebut kemudian dilakukan analisis melalui metode Analysis of Variance (ANOVA) untuk mengetahui pengaruh dari kedua faktor tersebut terhadap parameter respon yang diukur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh kecepatan dan tekanan minyak rem terhadap kinerja kampas rem. Hasil tersebut dapat digunakan sebagai masukan dan rekomendasi bagi pengguna kendaraan dalam mengoperasikan sistem pengereman kendaraan dan membuat sebuah alat pengujian kinerja kampas rem.
==============================================================================================================================
Indonesia faces serious challenges in traffic safety, with the number of accidents increasing every year. The main factors causing accidents are human factors, road conditions, and vehicles, where vehicle factors can be directly controlled by the driver. The brake system, as a vital component of the vehicle, must always be optimized to ensure safety. About 80% of accidents in public and freight transportation are caused by brake system failure and driver fatigue, with about 5,200 cases due to brake failure. Factors contributing to brake failure include poor brake system performance, wear or damage to the brake lining surface that can also cause a decrease in grip due to debris or dirt blocking the brake system, and high temperature or overheating conditions that can reduce braking effectiveness. Brake lining performance prediction can be used in Early Warning Systems (EWS) to provide early warning and allow preventive action to be taken. However, there are no specific testing standards in Indonesia for brake lining performance tests at the speeds and brake fluid pressures used in the original vehicle. This research involved the design of an experimental test apparatus using SolidWorks to rotate the Mitsubishi Colt L300 drum brake, equipped with sensors to collect brake lining performance data under original conditions. Evaluation was carried out by statistical analysis to assess the effect of brake fluid speed and pressure on brake lining performance, especially the value of the coefficient of friction over a range of temperatures under operational conditions. The changes were then analyzed through the Analysis of Variance (ANOVA) method to determine the effect of the two factors on the measured response parameters. The results of this study indicate the effect of speed and brake fluid pressure on brake lining performance. These results can be used as input and recommendations for vehicle users in operating the vehicle braking system and making a brake pad performance testing equipment.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Eksperimen, Kampas Rem, Kecepatan, Overheating, Tekanan Minyak Rem, Experiment, Brake Pad, Speed, Oil Pressure |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL269.C474 Brakes--Maintenance and repair |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Fildzan Mauriz Lutvan |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 01:37 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 01:37 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/114392 |
Actions (login required)
View Item |