Studi Numerik Pengaruh Jumlah Dan Dimensi Economizer Hopper Terhadap Kemampuan Penangkapan Fly Ash Dan Karakteristik Aliran Flue Gas

Putra, Achmad Dani Firman Syah (2024) Studi Numerik Pengaruh Jumlah Dan Dimensi Economizer Hopper Terhadap Kemampuan Penangkapan Fly Ash Dan Karakteristik Aliran Flue Gas. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5007201182-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5007201182-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Boiler merupakan komponen tempat terjadinya pembakaran pada suatu siklus PLTU, flue gas dan fly ash merupakan hasil dari pembakaran yang terjadi di boiler. Fly ash yang ikut terbawa aliran flue gas dapat menyebabkan penyumbatan dan korosi pada komponen air preheater atau pemanas udara pembakaran. Air preheater pada suatu PLTU sering kali harus dilakukan penggantian karena dampak dari penyumbatan dan korosi yang disebabkan oleh fly ash. Oleh karena hal tersebut, saluran aliran flue gas perlu untuk dilakukan pendesainan ulang agar dapat menangkap dan menampung fly ash dengan menggunakan hopper. Hopper berfungsi untuk memisahkan fly ash dari aliran flue gas dengan cara menampung fly ash yang terbawa aliran flue gas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jumlah hopper terhadap kemampuan penangkapan fly ash dan pengaruhnya terhadap karakteristik aliran flue gas, serta untuk mengetahui jumlah hopper yang dapat menghasilkan output yang paling maksimal. Penelitian dilakukan menggunakan metode computational fluid dynamics Ansys Fluent. Pada penelitian ini, variasi yang digunakan adalah tanpa hopper dan dengan hopper yang berjumlah 2 hopper, 4 hopper, dan 6 hopper. Semakin banyak jumlah hopper, maka persentase partikel fly ash dan massa fly ash yang lolos menuju air preheater semakin menurun dan massa fly ash yang terperangkap dalam domain hopper semakin banyak. Semakin banyak jumlah hopper, maka kecepatan flue gas pada outlet semakin meningkat yang menyebabkan nilai heat transfer coefficient meningkat, namun peningkatan kecepatan flue gas sangat kecil sehingga tidak memengaruhi air preheater secara signifikan. Semakin banyak jumlah hopper maka pressure drop dan reynolds number aliran flue gas semakin meningkat, peningkatan pressure drop sebesar 37,94% pada geometri dengan hopper. Semakin banyak jumlah hopper mengakibatkan temperature dan nilai heat transfer flue gas menurun pada outlet geometri yang menuju air preheater. Jumlah hopper sebanyak 4 hopper memiliki kemampuan penangkapan partikel fly ash yang baik dengan hanya 30,21% fly ash parcel lolos ke air preheater, 41.079943 kg partikel fly ash terperangkap pada domain hopper dan 0.805236 kg partikel fly ash yang lolos menuju air preheater dengan persentase nilai pressure drop flue gas senilai 37,94% dari variasi tanpa hopper.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Economizer Hopper, Flue Gas, Fly Ash, Economizer Hopper, Flue Gas, Fly Ash
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ164 Power plants--Design and construction
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ263.5 Boilers (general)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ265.E23 Thermodynamics.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Achmad Dani Firman Syah Putra
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:40
Last Modified: 12 Aug 2024 04:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/114434

Actions (login required)

View Item View Item