Identifikasi Zona Prospek Hidrokarbon Pada Reservoir Karbonat Menggunakan Atribut AVO (Amplitude Versus Offset) Pada Lapangan “YNWA” Cekungan Jawa Barat Bagian Utara

Fahdian, Muh. Mushollin (2004) Identifikasi Zona Prospek Hidrokarbon Pada Reservoir Karbonat Menggunakan Atribut AVO (Amplitude Versus Offset) Pada Lapangan “YNWA” Cekungan Jawa Barat Bagian Utara. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5017201056-Undergraduate-Thesis.pdf] Text
5017201056-Undergraduate-Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Dalam mengidentifikasi adanya hidrokarbon umumnya hanya menggunakan konsep zona brightspot. Akan tetapi dalam penggunaannya, konsep ini sering kali mengalami kegagalan eksplorasi akibat zona ini dapat juga terlihat dari lapisan batubara, konglomerat, dan lapisan garam. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam mengidentifikasi adanya hidrokarbon adalah Amplitude Variation Offset (AVO). Pada penelitian ini metode avo dipilih karena baik digunakan dalam karakterisasi litologi, deteksi hidrokarbon, dan analisis parameter fluida. Data yang digunakan pada penelitian ini meliputi data sumur, data seismik CDP gather 3D, dan data checkshot. Berdasarkan analisis pada data sumur, zona prospek gas pada zona target berada di Formasi Upper-Talang Akar. Selanjutnya dilakukan Analisa AVO dan atribut AVO (Product, Scaled Poisson’s Ratio, Fluid Factor, SQp, dan SQs). Berdasarkan Analisa AVO pada zona target, diketahui bahwa metode AVO dapat membedakan antara batuan karbonat yang tidak tersaturasi fluida dan yang telah tersaturasi fluida. Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil identifikasi respon amplitudo pada batuan karbonat yang menunjukkan bahwa batuan karbonat yang tersaturasi gas ataupun air memiliki nilai gradien berbeda, dimana pada karbonat gas memiliki gradien yang semakin kecil (negatif) sedangkan karbonat berisi air memiliki gradien yang semakin tinggi (positif), selain itu pada zona yang tidak tersaturasi oleh fluida memiliki perbedaan pada nilai interceptnya yang memiliki nilai lebih tinggi. Selain itu dilakukan juga validasi AnalisaAVO menggunakan data sintetik sumur dan hasilnya menunjukan kemiripan denganAnalisa pada data seismik. Kemudian dari hasil atribut AVO dapat memperlihatkan respon gas karbonat dengan baik, diketahui respon gas karbonat pada atribut AVO Product bernilai positif, Scaled Poisson’s Ratio bernilai negatif, dan Fluid Factor bernilai negatif, selain itu diketahui juga bahwa penerapan atribut SQp dapat memberikan pemisahan fasies terbaik dan atribut SQs dapat memberikan pemisahan fluida lebih baik dibandingkan dengan atribut Scaled Poisson’s Ratio. Hasil penerapan atribut AVO juga dapat digunakan untuk memetakan persebaran hidrokarbon, sehingga didapatkan arah persebaran gas karbonat pada lapangan “YNWA” yaitu dari arah barat laut hingga ke arah Tenggara.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Reservoir karbonat, AVO, Analisa AVO, Atribut AVO
Subjects: Q Science > QE Geology > QE539.2.S4 Seismic models
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muh. Mushollin Fahdian
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:41
Last Modified: 12 Aug 2024 07:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/114464

Actions (login required)

View Item View Item