Analisa Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dari Head Truck dengan Menggunakan Metode Elektrifikasi di Terminal Petikemas

Dewantara, Dwi Budi Hardiks (2024) Analisa Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dari Head Truck dengan Menggunakan Metode Elektrifikasi di Terminal Petikemas. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5019201066_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5019201066_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until October 2026.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia menempati posisi kunci dalam jalur pelayaran penting dunia. Secara
geografis, Indonesia akan memperoleh manfaat yang signifikan dari investasi dalam transisi
ke emisi karbon yang lebih rendah. Pelabuhan mengeluarkan sekitar 938 kiloton CO2e setiap
tahunnya, dengan emisi tahunan sekitar 5 kiloton SOx dan 12 kiloton NOx. Angka-angka
tersebut menunjukkan bahwa Pelabuhan merupakan penghasil emisi gas rumah kaca
terbesar kedua setelah Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta. Pada penelitian ini untuk
mengetahui seberapa besar emisi gas rumah kaca yang dihasilkan dari pembakaran bahan
bakar head truck dan mengetahui seberapa besar pengurangan yang dapat dilakukan jika
dilakukan metode elektrifikasi. Konsep elektrifikasi adalah menggantikan kepala truk
menjadi full listrik. Metode penghitungannya mengikuti IPCC 2006 dan mencari metode
lain untuk menghitung emisi gas rumah kaca. Diketahui CO2 mengalami penurunan sebesar
45%-50%, CH4 dan N2O mengalami penurunan sebesar 75%-88%. Analisis biaya juga
dilakukan dengan metode marginal abatement cost dan biaya operasional juga mengalami
penurunan hingga 75%.====================================================================================================================
Indonesia occupies a key position in the world's important shipping routes.
Geographically, Indonesia stands to gain significantly from investing in transitioning to
lower carbon emissions. Port emits approximately 938 kilotons of CO2e annually, with
annual emissions of about 5 kilotons of SOx and 12 kilotons of NOx. These figures indicate
that Port is the second-largest emitter of greenhouse gases after Tanjung Priok Port in
Jakarta. In this study, it is to find out how much greenhouse gas emissions are produced from
the combustion of fuel from head trucks and find out how much reduction can be done if the
electrification method is carried out. The concept of electrification is to replace the head
truck to become fully-electric. The calculation method follows IPCC 2006 and looks for
other methods to calculate greenhouse gas emissions. It is known that CO2 has decreased by
45%-50%, CH4 and N2O have decreased by 75%-88%. Cost analysis was also carried out
using the marginal abatement cost method and operational costs also decreased by up to
75%

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Emisi Pelabuhan, Head Truck, Gas Rumah Kaca, Port Emission, head trcuk, greenhouse gas
Subjects: V Naval Science > VK > VK358 Marine terminals
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Dwi Budi Hardiks Dewantara
Date Deposited: 07 Aug 2024 07:32
Last Modified: 25 Sep 2024 02:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/114499

Actions (login required)

View Item View Item