PENGARUH ARUS LISTIK TERHADAP EFISIENSI PENURUNAN KEKERUHAN DAN KESTABILAN PH AIR PDAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEKTROKOAGULASI

Zubaidiy, Muhammad Rahman (2024) PENGARUH ARUS LISTIK TERHADAP EFISIENSI PENURUNAN KEKERUHAN DAN KESTABILAN PH AIR PDAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEKTROKOAGULASI. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5001201075_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5001201075_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Air merupakan kebutuhan bagi seluruh makhluk hidup di dunia ini, tetapi masih banyak sekali air yang tidak dapat dikonsumsi oleh makhluk hidup dikarenakan kandungan yang tidak aman didalamnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengubah air kotor menjadi air bersih dengan memerhatikan kadar kekeruhan dan juga pH pada air, atau yang biasa disebut sebagai water treatment. Parameter lain yang digunakan pada praktikum kali ini adalah pengaruh arus listrik dalam proses elektrokoagulasi. Pada percobaan ini dilakukan elektrokoagulasi dengan menggunakan plat aluminium. Arus yang digunakan 7A, 5A dan 4A. untuk mengetahui kekeruhan dan pH pada air digunakan sensor DFRobot SEN189 dan PH-4502C. Pada awal sebelum elektrokoagulasi dimulai nilai kekeruhan 5,508 NTU, setelah percobaan dilakukan, pada 7A kekeruhan turun sampa 1,31 NTU dengan waktu 16 menit, pada 5A butuh waktu 24 menit, dan pada 4A butuh waktu 36 menit. Kadar kekeruhan yang turun pada percobaan sistem elektrokoagulasi ini sebesar 76,23%. Hal tersebut membuktikan bahwasannya dalam sistem elektrokoagulasi ini dapat berhasil menurunkan kadar kekeruhan hingga air layak minum yaitu 1,31NTU. Nilai pH tetap stabil pada arus berapapun. Kekeruhan pada sistem elektrokoagulasi berpengaruh untuk air minum karena menurunkan nilai kekeruhan dan tetap menjadikan pH pada air minum yaitu 6,5 – 8,5. Perbedaan arus sangat berpengaruh dalam sistem elektrokoagulasi karena semakin besar arusnya maka semakin cepat proses penurunan kekeruhan terjadi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Air, pH, Kekeruhan, Elektrokoagulasi, Arus Listrik, Anoda, Katoda, Aluminium. Water, pH, Turbidity, Electrocoagulation, Electric Current, Anode, Catodhe, Aluminium.
Subjects: Q Science
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC1 Dielectrics
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Physics > 45201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Rahman Zubaidiy
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:02
Last Modified: 12 Aug 2024 03:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/114607

Actions (login required)

View Item View Item