Sintesis Nanopartikel Perak dan Evaluasi Aktivitas Antioksidan: Optimasi Response Surface Methodology (RSM)

Wulandari, Herlinda Ayu (2024) Sintesis Nanopartikel Perak dan Evaluasi Aktivitas Antioksidan: Optimasi Response Surface Methodology (RSM). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5004201101-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5004201101-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sintesis nanopartikel perak ini menggunakan beberapa parameter meliputi konsentrasi asam tartarat, suhu dan waktu sonikasi sehingga untuk mempersingkat waktu dan mengoptimalkan proses sintesis penting dilakukan proses optimasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi optimum sintesis nanopartikel perak berbasis Response Surface Method (RSM)-Face Centered Central Composite Design (F-CCD), serta mengetahui aktivitas nanopartikel perak sebagai antioksidan. Sintesis AgNP meliputi tiga faktor respon yaitu konsentrasi asam tartarat (0,5; 1,0; 1,5 M), waktu sonikasi (20, 40, 60 menit) dan suhu sonikasi (40, 60, 80ºC). Desain penelitian menghasilkan 22 kode sampel yang berbeda. Setelah proses sintesis AgNP yang diukur dengan spektrofotometer UV-Vis. Data absorbansi optimum kemudian diinput dalam RSM yang akan divisualisasikan melalui plot 3D. Kondisi optimum sintesis AgNP dicapai pada konsentrasi asam tartarat 1,0 M, waktu sonikasi 40 menit dengan suhu sonikasi 60ºC. Data yang dianalisis dalam RSM adalah data absrobansi sintesis AgNP dengan waktu pendiaman selama 0 hari dan 8 hari. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi stabilitas AgNP. Sampel (a) untuk sampel dengan waktu pendiaman selama 0 hari sedangkan (b) sampel dengan waktu pendiaman selama 8 hari. Setelah dilakukan pengamatan dengan waktu selama 8 hari didapatkan nilai absorbansi yang signifikan di antara kedua larutan di mana larutan AgNP dengan penambahan asam tartarat memiliki rata-rata absorbansi yang lebih rendah dibandingkan dengan larutan AgNP tanpa penambahan asam tartarat. Sintesis AgNP dilakukan karakterisasi dengan Particle Size Analyzer (PSA), Transmission Electron Microsope (TEM) dan Fourier Transform Infrared Spectroscopy (FTIR). Hasil pengujian menunjukkan partikel berbentuk spherical dengan ukuran 102,17 nm. Dari hasil FTIR, terlihat adanya asam tartarat yang berperan sebagai capping agent dalam sintesis AgNP disebabkan terdapat adanya interaksi antara gugus fungsional tartarat yaitu gugus karboksilat (gugus C=O dan –OH) dengan permukaan logam perak. Pengujian antioksidan dilakukan dengan metode DPPH menghasilkan inhibisi sebesar 66,9%.

Kata Kunci: Nanopartikel Perak (AgNP), RSM, Central Composite Design, Aktivitas Antioksidan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Silver Nanoparticles (AgNPs), RSM, Central Composite Design, Antioxidant Activity, Nanopartikel Perak (AgNP), RSM, Central Composite Design, Aktivitas Antioksidan
Subjects: Q Science
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD75.2 Chemistry, Analytic
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Chemistry > 47201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Herlinda Ayu Wulandari
Date Deposited: 11 Aug 2024 08:29
Last Modified: 11 Aug 2024 08:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/114658

Actions (login required)

View Item View Item