Perancangan Kampanye Sebagai Pendukung Program Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi (Studi Kasus: Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

Adiningsih, Anindya Ratri (2024) Perancangan Kampanye Sebagai Pendukung Program Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi (Studi Kasus: Institut Teknologi Sepuluh Nopember). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5030201027_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5030201027_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Kasus kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi menjadi salah satu urgensi di Indonesia yang telah mendapatkan respon atau solusi dari pemerintah melalui Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang pembuatan badan Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS) di setiap perguruan tinggi. Satgas PPKS berdiri sebagai badan yang bertanggungjawab dalam memberikan edukasi mengenai kekerasan seksual dan menerima laporan tindak kekerasan seksual yang dialami oleh mahasiswa di masing-masing kampus. Namun demikian, media-media yang digunakan oleh Satgas PPKS Institut Teknologi Sepuluh Nopember sebagai studi kasus masih dapat dikembangkan. Apabila melihat contoh respon organisasi di luar negeri sebagai studi komparator untuk mencegah kekerasan, kampanye merupakan salah satu cara yang dinilai cukup efektif dan sejalan dalam mendukung program Satgas PPKS ITS. Sehingga dari latar belakang dapat disimpulkan bahwa dibutuhkan sebuah kampanye pencegahan dan penanganan kekerasan seksual sebagai pendukung jalannya program Satgas PPKS ITS, yang kemudian dapat dikembangkan untuk Satgas PPKS pada perguruan tinggi lainnya di kemudian hari.
Perancangan ini menggunakan beberapa metode dalam penelitian, antara lain: studi literatur, studi eksisting, studi komparator dan kompetitor, depth interview, kuesioner, studi eksperimental, wawancara ahli, user testing dan validasi konten. Data-data yang telah dikumpulkan melalui penelitian kemudian dianalisa menjadi sebuah hipotesa yang dikembangkan menjadi big idea atau konsep kampanye. Big idea pada perancangan ini adalah “Beri Batas!” dengan tujuan mengedukasi target audiens untuk menjaga batasan dalam bertindak agar tidak terjadi kekerasan seksual, serta membatasi pelaku kekerasan seksual dengan cara melaporkan kasus ke Satgas PPKS.
Perancangan ini diharapkan dapat menjadi pendukung program Satgas PPKS ITS sebagai studi kasus dalam mengedukasi mahasiswa terkait kekerasan seksual. Media luaran dari kampanye ini adalah media yang mudah diakses dan terekspos secara luas terhadap target audiens, yang berupa ambient media, banner ads, printed ads, media sosial Instagram dan merchandise.

================================================================================================================

Cases counts of sexual violence in higher education institution or college have become one of the most urgent issues nationally, which received response from the government through Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 regarding the establishment of Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS) in each institution. Satgas PPKS is an organizational unit responsible for educating and informing the college students specifically for sexual violence and taking in reports about cases of sexual misconduct or assault which occured on each campus. However, the media used by Satgas PPKS ITS as a case study could be improved. Based on the responses of international organizations as a comparative study to violence prevention, campaigns are seen as a successful strategies which correspond with the goals of Satgas PPKS ITS at the least. Therefore, based on this background, it can be concluded that in order to fully support the program of Satgas PPKS ITS, a campaign for preventing and handling sexual abuse is needed. This campaign may then be developed for Satgas PPKS at other campus or institutions in the future.
Several research methods are used in this design process, including literature studies, existing studies, comparative and competitor studies, depth interview, questionnaires, experimental studies, expert interviews, user testing, and validity evaluation. The data collected through research is then analyzed to form a hypothesis, which is subsequently developed into big idea or campaign concept. The core concept of this design is “Beri Batas!”, which aims to educate the target audience to maintain and set limits in their actions to prevent the act of sexual abuse and to hold offenders accountable by reporting the misbehavior to Satgas PPKS.
The design is intended to complement the program of Satgas PPKS ITS as case study for educating students about sexual violence. This campaign’s output includes media that is accessible and highly exposed to the target audience, such as ambient media, banner ads, printed ads, Instagram social media, and merchandise.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kekerasan Seksual, Batasan, Pelaporan, Satgas PPKS, Kampanye, Sexual Abuse, Boundary, Hotline, Satgas PPKS, Campaign
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anindya Ratri Adiningsih
Date Deposited: 13 Aug 2024 05:19
Last Modified: 13 Aug 2024 05:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/114779

Actions (login required)

View Item View Item