Penggunaan Senyawa Aktif Kunyit Dalam Mengurangi Sel Kanker Darah CCRF-CEM dengan Metode Photodynamic Therapy

Rayhan, Farras (2024) Penggunaan Senyawa Aktif Kunyit Dalam Mengurangi Sel Kanker Darah CCRF-CEM dengan Metode Photodynamic Therapy. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5001201152-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5001201152-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Leukemia adalah jenis kanker yang berkaitan dengan produksi sel-sel darah putih di sumsum tulang belakang dan jaringan pembentuk darah lainnya. Leukemia telah memakan banyak nyawa di dunia, di mana ia memiliki estimasi korban sebanyak 234,511 kematian di Indonesia pada tahun 2020, di mana 11,719 berasal dari leukemia. Kunyit telah menjadi salah satu obat herbal alami selama ribuan tahun, terutama di Asia Tenggara dan Selatan. Kunyit memiliki berbagai sifat penyembuhan, termasuk anti inflamasi, antioksidan, dan antibakteri. Photodynamic therapy (PDT) adalah metode pengobatan non-invasif yang menggunakan photosensitizer dan cahaya untuk menghancurkan sel abnormal, seperti sel kanker, setelah aktivasi cahaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis senyawa aktif dalam kunyit dan efeknya sebagai photosensitizer untuk mengurangi sel kanker darah dengan menggunakan metode PDT. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan cahaya LED dengan rentang panjang gelombang 410-420 nm. Penentuan panjang gelombang didapatkan dari hasil band gap energy yang diperoleh menggunakan spektrofotometri UV-vis. Pengujian dilakukan dengan cara menginjeksi senyawa photosensitizer ke dalam microplate yang berisi sel kanker darah, memberikan perlakuan PDT dengan rangkaian yang telah dibuat, dan dilakukan uji MTT (Microtetrazolium) untuk melihat data absorbansi. Hasil penelitian yang telah didapatkan menunjukkan nilai IC50 dari 2 sampel perlakuan, sampel D di mana tidak dilakukan perlakuan PDT memiliki nilai 483,05 µg/mL dan 1305,1 μg/mL serta sampel I di mana dilakukan perlakuan PDT dengan panjang gelombang 410 – 420 nm dengan nilai 748,16 µg/mL dan 672,52 µg/mL. Hasil dari pengujian ini memungkinkan untuk menjadi inovasi yang akan membantu menyembuhkan kanker darah.
==============================================================================================================================
Leukemia is a type of cancer related to the production of white blood cells in the spinal cord and other blood-forming tissues. Leukemia has taken many lives in the world, where it has an estimated toll of 234,511 deaths in Indonesia in 2020, of which 11,719 were from leukemia. Turmeric has been one of the natural herbal medicines for thousands of years, especially in Southeast and South Asia. Turmeric has various healing properties, including anti-inflammatory, antioxidant, and antibacterial. Photodynamic therapy (PDT) is a non-invasive treatment method that uses photosensitizers and light to destroy abnormal cells, such as cancer cells, after light activation. This study aims to analyze the active compounds in turmeric and their effects as photosensitizers to reduce blood cancer cells using the PDT method. This research was conducted using LED light with a wavelength range of 410-420 nm. Determination of the wavelength is obtained from the band gap energy results obtained using UV-vis spectrophotometry. Testing is done by injecting photosensitizer compounds into a microplate containing blood cancer cells, giving PDT treatment with the circuit that has been made, and the MTT (Microtetrazolium) test is carried out to see absorbance data. The results obtained showed the IC50 values of the 2 treatment samples, sample D where no PDT treatment was carried out, had values of 483,05 µg/mL and 1305,1 µg/mL and sample I where PDT treatment was carried out with a wavelength of 410 - 420 nm with values of 748,16 µg/mL and 672,52 µg/mL. The results of this testing could lead to innovations that will help cure blood cancer.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Energi Band Gap, Kunyit, Microtetrazolium, Photodynamic Therapy, Spektroskopi, Band Gap Energy, Spectroscopy, Turmeric
Subjects: Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC162 Adsorption and absorption
Q Science > QC Physics > QC451 Spectroscopy
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD117 Absorption
Q Science > QD Chemistry > QD117.S64 Spectrophotometry
Q Science > QH Biology > QH301 Biology
Q Science > QP Physiology > QP624 Molecular biology.
Q Science > QR Microbiology > QR 201.T84 Tumors. Cancer
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Physics > 45201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Farras Rayhan
Date Deposited: 26 Aug 2024 01:10
Last Modified: 26 Aug 2024 01:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/114819

Actions (login required)

View Item View Item