Riset Pengembangan Aplikasi XR Persiapan Bedah Rahang

Saputro, Wahyu Tri (2024) Riset Pengembangan Aplikasi XR Persiapan Bedah Rahang. Project Report. [s.n.], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of 5025201217-Project_Report.pdf] Text
5025201217-Project_Report.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (733kB) | Request a copy

Abstract

Bedah rahang adalah salah satu prosedur medis penting yang digunakan dalam pengobatan berbagai penyakit, termasuk rekonstruksi rahang, pemulihan fungsi rahang, dan perbaikan penampilan wajah. Pelaksanaan bedah rahang, khususnya yang melibatkan transplantasi fibula atau tulang betis, memerlukan persiapan yang teliti. Biasanya, tahap persiapan bedah rahang menggunakan model cetak 3D atau manekin anatomi manusia. Namun, metode ini memiliki kekurangan seperti biaya yang tinggi, waktu yang lama, dan keterbatasan akses. Teknologi Realitas X (XR) menawarkan solusi yang lebih hemat biaya dan memberikan pengalaman bedah yang mendalam dalam dunia virtual untuk perencanaan bedah rahang. Dengan XR, ahli bedah dapat memanipulasi objek secara detail dalam ruang visualisasi tiga dimensi. Dalam konteks ini, aplikasi XR membantu menentukan lokasi, ukuran, dan jarak prosedur pemotongan tulang, sehingga mengurangi biaya dan waktu persiapan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Realitas X (XR), Kedokteran, Unity, Bedah Rahang
Subjects: R Medicine > RD Surgery > RD755.6 Bone substitutes.
T Technology > T Technology (General) > T385 Visualization--Technique
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Wahyu Tri Saputro
Date Deposited: 08 Aug 2024 02:40
Last Modified: 08 Aug 2024 02:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/114828

Actions (login required)

View Item View Item