IDENTIFIKASI ANOMALI KAPAL KARAM MENGGUNAKAN METODE SUB BOTTOM PROFILER DALAM KONSTRUKSI PELABUHAN KALIANGET MADURA

Dewa, Trengginas Canggih (2024) IDENTIFIKASI ANOMALI KAPAL KARAM MENGGUNAKAN METODE SUB BOTTOM PROFILER DALAM KONSTRUKSI PELABUHAN KALIANGET MADURA. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03411940000057_Trengginas Canggih_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03411940000057_Trengginas Canggih_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Survei Sub Bottom Profiler adalah proses pemetaan dasar perairan, dimulai dari pengukuran, pengolahan, hingga visualisasi dasar perairan. Morfologi dasar laut merupakan bagian dari panorama permukaan dasar laut yang berkaitan dengan proses-proses geologi dalam pembentukan dan perkembangannya. Informasi mengenai batimetri dan morfologi dasar laut selanjutnya digunakan untuk perencanaan kontruksi dermaga dan pertimbangan dalam menentukan jalur pelayaran yang aman. Lokasi penelitian yang dilakukan terletak pada Kabupaten Sumenep tepatnya di Pelabuhan Kalianget. Penelitian ini dilakukan karena di asumsikan ada anomali kapal karam yang menghambat kontruksi dermaga, dimana dalam mencari data atau mengidentifikasi struktur bawah laut dibutuhkan eksplorasi geofisika. Eksplorasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Sub Bottom Profiler. Metode SBP digunakan untuk mencari data lapisan bawah dasar permukaan laut. Dari data tersebut dapat di interpretasikan persebaran anomalinya dan ketebalan sedimen bawah lautnya.
============================================================
The Sub Bottom Profiler survey is a process of mapping the seabed, starting from measurement, processing, to visualization of the seabed. Seafloor morphology is part of the panorama of the seabed surface, related to geological processes in its formation and development. Information on bathymetry and seafloor morphology is subsequently used for planning the construction of docks and for considerations in determining safe navigation routes. The research location is situated in Sumenep Regency, specifically at Kalianget Harbor. This research was conducted due to the assumption of a shipwreck anomaly that obstructs dock construction, necessitating geophysical exploration to obtain data or identify underwater structures. The exploration method used in this research is the Sub Bottom Profiler (SBP) method. The SBP method is employed to obtain data on the sub-seafloor layers. From this data, the distribution of anomalies and the thickness of the sub-seafloor sediments can be interpreted.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Shipwreck, Construction of Docks, Sub Bottom Profiler (SBP) Kapal Karam, Kontruksi Dermaga, Sub Bottom Profiler (SBP)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Geophysics Engineering > 33201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Trengginas Canggih Krisna Dewa
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:06
Last Modified: 12 Aug 2024 08:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/114944

Actions (login required)

View Item View Item