Pengaruh Desain Interior Terminal Bus Arjosari Malang Terhadap Pengambilan Keputusan Pengguna Saat Terjadi Bencana

Putri, Della Puspita Budikurnia (2024) Pengaruh Desain Interior Terminal Bus Arjosari Malang Terhadap Pengambilan Keputusan Pengguna Saat Terjadi Bencana. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6029231013_Master_Thesis.pdf] Text
6029231013_Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Bencana merupakan suatu peristiwa yang dapat menimbulkan banyak kerusakan atau kerugian yang mengancam kehidupan masyarakat. Dalam menghadapi bencana kebakaran dan gempa bumi, kesiapsiagaan masyarakat pada bangunan transportasi publik khususnya di Terminal Bus Arjosari Malang, sangatlah diperlukan untuk meminimalisir kerusakan yang akan diterima baik fisik maupun material. Kesiapsiagaan yang dimaksud berupa rencana mitigasi pada desain interior gedung yang aman untuk meminimalisir kerusakan dari bencana tersebut. Mitigasi ini diperlukan agar keselamatan pengguna ruangan pada gedung tersebut terjamin dengan membantu mereka dalam menentukan jalur evakuasi dengan mudah terutama melalui segi visual. Untuk mempersiapkan bangunan fungsi publik dalam memitigasi bencana kebakaran dan gempa bumi, diperlukan upaya untuk menciptakan desain interior terminal bus yang mengedepankan keselamatan pengunjung terminal berdasarkan teori psikologi gestalt dan sosial kognitif. Metode yang digunakan pada riset ini yaitu menggunakan mixed method kualitatif dan kuantitatif. Dari riset ini ditemukan bahwa elemen desain interior memengaruhi sosial kognitif seseorang melalui segi visual manusia, dimana pengguna ruangan memproses informasi pada saat darurat kebakaran dan gempa bumi hanya dari hal yang paling mencolok dari penglihatan mereka. Strategi desain interior yang efisien dalam membantu memitigasi bencana dari hasil penelitian ini yaitu dengan mendesain interior yang mengedepankan indera visual dengan memfokuskan pada elemen desain yang berpengaruh pada segi sosial kognitif yang dimana pada penelitian ini elemen yang berpengaruh adalah area, garis, dan cahaya. Dengan memfokuskan desain interior pada elemen-elemen tersebut, akan dapat membantu pengguna area tunggu dalam menavigasikan jalur evakuasi mereka dan membuat mereka lebih fokus dalam menyelamatkan diri sesuai dengan prinsip psikologi desain gestalt dimana pengguna secara visual lebih tertarik pada hal yang simpel, mudah dipahami, dan menarik perhatian. Harapannya penelitian ini dapat menjadi sumber referensi yang dapat diaplikasikan pada terminal bus di seluruh Indonesia.
==============================================================================================================================
Disaster is an event that can cause a lot of damage or loss that threatens people's lives. In dealing with fire and earthquake disasters, community preparedness in public transportation buildings, especially at the Arjosari Malang Bus Terminal, is very much needed to minimize the damage that will be received both physically and materially. The preparedness in question is in the form of a mitigation plan in the interior design of a safe building to minimize damage from the disaster. This mitigation is needed so that the safety of users of the room in the building is guaranteed by helping them determine evacuation routes easily, especially through visual aspects. To prepare public function buildings in mitigating fire and earthquake disasters, efforts are needed to create a bus terminal interior design that prioritizes the safety of terminal visitors based on gestalt psychology and social cognitive theories. The method used in this research is using mixed qualitative and quantitative methods. From this research, it was found that interior design elements affect a person's social cognition through human visual aspects, where room users process information during fire and earthquake emergencies only from the most striking things in their vision. An efficient interior design strategy in helping mitigate disasters from the results of this study is to design an interior that emphasizes the visual sense by focusing on design elements that influence the social cognitive aspect, where in this study the influential elements are area, lines, and light. By focusing interior design on these elements, it will be able to help users of the waiting area in navigating their evacuation routes and make them more focused on saving themselves in accordance with the principles of gestalt design psychology where users are visually more attracted to things that are simple, easy to understand, and attract attention. It is hoped that this study can be a source of reference that can be applied to bus terminals throughout Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: mitigasi, bencana, sosial kognitif, desain interior, gestalt, mitigation, disaster, social cognitive, interior design
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF318 Learning, Psychology of (Deep learning)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
N Fine Arts > NA Architecture > NA6320 Bus terminals
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design > 90021-(S2) Master Thesis
Depositing User: Della Puspita Budikurnia Putri
Date Deposited: 15 Aug 2024 01:39
Last Modified: 15 Aug 2024 01:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/114973

Actions (login required)

View Item View Item