Sintesis dan karakterisasi ar-turmerone dan nanopartikel perak untuk potensi terapi anti-kanker darah berbasis bahan alam

Ilmi, Nurul Rofidhatul (2024) Sintesis dan karakterisasi ar-turmerone dan nanopartikel perak untuk potensi terapi anti-kanker darah berbasis bahan alam. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5001201057_Nurul Rofidhatul Ilmi_BERKAS TA FINAL.pdf] Text
5001201057_Nurul Rofidhatul Ilmi_BERKAS TA FINAL.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kanker, yang merupakan hasil dari perubahan genetik yang mengatur pertumbuhan sel normal, sering kali dipicu oleh kerusakan DNA. Leukemia, salah satu jenis kanker darah yang memiliki dampak yang signifikan pada populasi global. Sebagai respons terhadap tantangan ini, terapi antikanker berbasis bahan alam menawarkan solusi yang menjanjikan, khususnya dengan penggunaan kunyit. Kunyit mengandung senyawa ar-turmerone yang telah terbukti memiliki potensi terapi yang kuat, dan dalam rangka meningkatkan efektivitasnya sebagai agen antikanker, juga dengan campuran AgNPs (nanopartikel perak) telah digunakan sebagai pendukung. Penelitian ini menggunakan metode ekstraksi kunyit dan maserasi untuk mendapatkan ar-turmerone dan teknik seperti sintesis AgNPs menggunakan daun mimba dan AgNO3. Analisis menggunakan metode UV-Vis untuk mengetahui puncak absorbansi tertinggi pada panjang gelombang tertentu untuk sampel ar-turmerone, AgNPs, dan campuran ar-turmerone dan AgNPs. Didapatkan untuk sampel ar-turmerone memiliki panjang gelombang 416 nm dengan nilai absorbansi sebesar 0,572 a.u., AgNPs memiliki panjang gelombang sekitar 384 nm dengan nilai absorbansi sebesar 0,259 a.u., dan campuran ar-turmerone dan AgNPs memiliki panjang gelombang 416 nm dengan nilai absorbansi sebesar 0,355 a.u. Implementasi terapi fotodinamika (PDT) dengan panjang gelombang 410 nm - 420 nm dilakukan dengan cara menginjeksi senyawa fotosensitizer ke dalam microplate yang berisi sel kanker darah, dan uji aktivitas antikanker menggunakan metode microtetrazolium (MTT) untuk melihat hasil perlakuan. Hasil penelitian yang telah didapatkan menunjukkan nilai IC50 dari 2 sampel perlakuan yang menggunakan spektrofotometri MTT 450 nm senilai 2,605 μg/mL dan spektrofotometri MTT 560 nm senilai 2,553 μg/mL. Hal ini menunjukkan nilai IC50 tersebut <50 μg/mL sehingga memiliki aktivitas antioksidan yang sangat besar dimana dapat membunuh sel kanker secara efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC973.4.T76 Tropospheric radio waves Including absorption, propagation, etc.
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Physics > 45201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nurul Rofidhatul Ilmi
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:51
Last Modified: 12 Aug 2024 03:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/115133

Actions (login required)

View Item View Item