Sartono, Mohamad Faris Septian (2024) Desain Arsitektur Angkutan Laut Sebagai Pendukung Program Lanjutan Hilirisasi Nasional: Studi Kasus Komoditas Nikel Indonesia. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
5021201006-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2026. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Nilai dari jumlah cadangan bijih nikel yang dimiliki Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di dunia, dimana menurut Kementrian ESDM sekitar 40% dari total cadangan nikel dunia berada di Indonesia. Untuk meningkatkan nilai jual dari cadangan yang dimiliki tersebut, Indonesia merancang suatu peta jalan hilirisasi yang digunakan sebagai pedoman dalam pengembangan industri pengolahan nikel di Indoensia. Namun peta jalan yang telah dirancang tersebut tidak memperhatikan aspek distribusi dari komoditas nikel tersebut. Maka dari itu diperlukan suatu desain arsitektur angkutan laut pada komoditas nikel untuk menghindari terganggunya peta jalan hilirisasi yang telah dirancang. Pada penelitian yang dilakukan kali ini dilakukan analisis pada fasilitas terminal yang sesuai dengan permintaan dan penawaran pada komoditas nikel serta dilakukan analisis pola operasi pengiriman yang sesuai untuk mendukung program hilirisasi dimana dalam penelitian ini dibandingkan dua pola operasi pengiriman yaitu menggunakan pola pengiriman tidak langsung menggunakan hub serta pola pengiriman langsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Transportation Problem dan juga Mixed Integer Linear Programming. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini dalam sepuluh tahun tinjauan pola operasi yang menghasilkan biaya lebih rendah adalah pola operasi tidak langsung dimana dapat menghemat sekitar 7% total biaya pengiriman namun dalam periode tinjauan yang lebih lama yaitu dua puluh tahun opsi pengiriman langsung memiliki biaya pengiriman lebih rendah, kemudian dalam sisi pengembangan pelabuhan Smelter A, Smelter D, Smelter F, Smelter G, dan Smelter H merupakan smelter yang direkomendasikan untuk dikembangkan selama sepuluh tahun tinjauan karena menghasilkan total biaya yang lebih rendah ketika dilakukan pengembangan.
==============================================================================================================================
The value of Indonesia's nickel ore reserves is among the largest in the world, with the Ministry of Energy and Mineral Resources (ESDM) estimating that about 40% of the world's total nickel reserves are located in Indonesia. To enhance the market value of these reserves, Indonesia has developed a downstream roadmap as a guide for the development of its nickel processing industry. However, this roadmap does not consider the distribution aspect of the nickel commodity. Therefore, a maritime transportation architecture design for the nickel commodity is needed to avoid disruptions to the planned downstream roadmap. This research analyzes terminal facilities that meet the demand and supply of the nickel commodity and examines suitable shipping operation patterns to support the downstream program. In this study, two shipping operation patterns are compared, indirect shipping using a hub and direct shipping. The methods used in this research are the Transportation Problem and Mixed Integer Linear Programming. The results of this research over a ten-year review period indicate that the indirect shipping operation pattern yields lower costs, saving approximately 7% of total shipping costs. However, over a longer review period of twenty years, the direct shipping option has lower shipping costs. Additionally, in terms of port development, Smelter A, Smelter D, Smelter F, Smelter G, and Smelter H are recommended for development over the ten-year review period as they result in lower total costs when developed.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nickel, Downstream, Transportation Problem, Mixed Integer Linear Programming, Nikel, Hilirisasi |
Subjects: | V Naval Science > V Naval Science (General) > V220 Naval ports, bases, reservations, docks, etc. V Naval Science > VK > VK570 Optimum ship routing. |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Sea Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mohamad Faris Septian Sartono |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 02:02 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 02:02 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/115177 |
Actions (login required)
View Item |