Ramadhan, Rizaldo Rizky (2024) Analisis Biaya Amonia dan Perbandingannya Dengan Lng Sebagai Bahan Bakar Nol Karbon Alternatif untuk Kapal Tanker Lng Asia Vision. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
5018201034-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2026. Download (3MB) |
Abstract
Amonia adalah bahan bakar alternatif yang berpotensi digunakan oleh kapal untuk mengurangi emisi dari industri pengiriman maritim internasional. Amonia memiliki beberapa potensi yang tidak dimiliki oleh bahan bakar lainnya, seperti emisi karbon dan sulfur nol, yang menjadikannya ideal untuk mencapai Tujuan IMO 2030 untuk mendekarbonisasi industri pengiriman maritim sebesar 40%. Amonia juga ideal untuk digunakan oleh kapal yang beroperasi di wilayah ECA. Namun, penerapan bahan bakar amonia masih menghadapi banyak hambatan. Produksi amonia masih sangat bergantung pada dan didominasi oleh bahan bakar fosil. Oleh karena itu, manfaat emisi karbon dan sulfur nol dari amonia berkurang karena produksi amonia menghasilkan emisi karbon. Amonia juga beracun bagi makhluk hidup dan bersifat korosif terhadap logam tertentu. Amonia juga berada dalam keadaan cair pada suhu di bawah 0 ℃, sehingga diperlukan pendinginan untuk membekukannya. Semua ini membuat amonia memerlukan perlakuan dan fasilitas khusus yang lebih rumit dibandingkan bahan bakar konvensional untuk digunakan sebagai bahan bakar kapal. Selain itu, produksi amonia dan pengisian bahan bakar amonia belum cukup kompetitif dibandingkan dengan bahan bakar alternatif lainnya seperti LNG. Perbandingan harga dilakukan untuk membandingkan harga penggunaan amonia dengan LNG guna menilai seberapa layak amonia dibandingkan dengan bahan bakar alternatif LNG yang telah banyak digunakan oleh kapal.
===================================================================================================================================
Ammonia is an alternative fuel with the potential to be used by ships to reduce emissions from the international maritime shipping industry. Ammonia offers several advantages that other fuels do not, such as zero carbon and zero sulfur emissions, making it ideal for meeting IMO's 2030 goals to decarbonize the maritime shipping industry by 40%. It is also well-suited for ships operating in ECA areas. However, the implementation of ammonia fuel still faces many obstacles. Ammonia production is still highly dependent on and dominated by fossil fuels. As a result, the zero carbon and zero sulfur benefits of ammonia are diminished because its production generates carbon emissions. Ammonia is also toxic to living organisms and corrosive to certain metals. It remains in a liquid state at temperatures below 0°C, requiring refrigeration to freeze it. All these factors mean that ammonia requires special treatment and facilities, which are more complex than those needed for conventional fuels to be used as ship fuel. Moreover, ammonia production and bunkering are not yet competitive enough compared to other alternative fuels like LNG. Price comparisons are made to assess the feasibility of using ammonia versus LNG, a widely used alternative fuel for ships.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Amonia, LNG, Biaya komparatif, fasilitas, pengisian bahan bakar, produksi, perbandingan harga, kelayakan; Ammonia,LNG,Comparative cost,facilities,bunkering,production,price comparsion,feasability |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Rizaldo Rizky Ramadhan |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 01:08 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 01:08 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/115352 |
Actions (login required)
View Item |