PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA BISNIS DEPO KONTAINER DENGAN METODE DESIGN THINKING STUDI KASUS UD X

Sita, Novianita (2024) PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA BISNIS DEPO KONTAINER DENGAN METODE DESIGN THINKING STUDI KASUS UD X. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032221106_Novianita Sita Devi.pdf] Text
6032221106_Novianita Sita Devi.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan pesat teknologi internet kini memainkan peran penting dalam publikasi, strategi pemasaran, dan pertukaran informasi di berbagai sektor. Laporan "Digital 2023 Indonesia" oleh Datareportal.com menunjukkan bahwa pengguna internet di Indonesia diperkirakan mencapai 215 juta pada 2023, dengan sebagian besar mencari informasi dan ide-ide baru. Selain itu, pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 167 juta orang, menghabiskan rata-rata 3 jam 18 menit setiap hari. Perubahan ini telah mempengaruhi kebiasaan masyarakat dalam mengakses produk dan jasa, mendorong penyedia barang dan jasa untuk mengadopsi inovasi pemasaran digital. Digital marketing kini mencakup penggunaan teknologi digital untuk mendapatkan dan membangun preferensi pelanggan, mempromosikan merek, dan meningkatkan penjualan. Bisnis yang tidak menggunakan internet berisiko kehilangan pangsa pasar. Di Indonesia, media sosial seperti Instagram dan lainnya menjadi alat utama dalam strategi pemasaran, terutama bagi UKM, untuk memperluas jangkauan usaha dan meningkatkan penjualan.
Indonesia sebagai negara kepulauan mengandalkan transportasi laut yang efektif untuk pengiriman barang, yang diwajibkan menggunakan kontainer sesuai PM/53/2018 tentang Kesesuaian Peti Kemas. Industri depo kontainer di Jawa Timur umumnya dapat di temui di Surabaya Utara, salah satunya yaitu UD X yang menghadapi tantangan dalam pemasaran digital. Meskipun UD X masih beroperasi, kurangnya strategi pemasaran yang jelas dan ketidakaktifan di media sosial menghambat perkembangannya. Penelitian ini bertujuan merumuskan strategi pemasaran digital dengan metode design thinking untuk UD X, guna meningkatkan penjualan, dan nilai perusahaan. Metode design thinking melibatkan proses empathize, define, ideate, prototype, dan test, memungkinkan pelaku bisnis memahami kebutuhan pengguna dan menciptakan solusi pemasaran yang efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Depo Kontainer, Design Thinking, Pemasaran Digital, Strategi Pemasaran. Container Depot, Design Thinking, Digital Marketing, Marketing Srategy
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB615 Entrepreneurship.
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Novianita Sita Devi
Date Deposited: 12 Aug 2024 12:38
Last Modified: 12 Aug 2024 12:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/115364

Actions (login required)

View Item View Item