OPTIMASI SOH DAN BATERRY AGING PADA PHEV ITS DENGAN VARIASI SOC BATERAI, KECEPATAN KENDARAAN, DAN PUTARAN ICE

Sitorus, Amal Mahendra OPTIMASI SOH DAN BATERRY AGING PADA PHEV ITS DENGAN VARIASI SOC BATERAI, KECEPATAN KENDARAAN, DAN PUTARAN ICE. OPTIMASI SOH DAN BATERRY AGING PADA PHEV ITS DENGAN VARIASI SOC BATERAI, KECEPATAN KENDARAAN, DAN PUTARAN ICE. (Unpublished)

[thumbnail of 5007201037_Amal Mahendra Sitorusdocx.pdf] Text
5007201037_Amal Mahendra Sitorusdocx.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kendaraan hybrid merupakan solusi alternatif untuk mengurangi penggunaan bahan bakar dan emisi. Kendaraan ini menggabungkan motor bakar dan motor listrik sebagai sumber tenaga. Selama siklus hidupnya, baterai melalui proses pengisian dan pengeluaran yang bersifat reversibel, yang berakibat pada penurunan kapasitas baterai secara keseluruhan. Penuaan baterai dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti depth of discharge (DOD), nilai indeks laju arus (C-rate), dan suhu. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kesesuaian kecepatan kendaraan, SOC baterai, dan putaran ICE untuk menentukan pengaruh mode berkendara yang menghasilkan SOH dan penuaan baterai yang optimal. Pengujian dilakukan pada PHEV ITS dengan variasi kecepatan 10 km/jam, 20 km/jam, dan 30 km/jam, variasi RPM ICE 7000 RPM, 7500 RPM, dan 8000 RPM, serta variasi SOC baterai pada 90%, 60%, dan 30%. Pengujian dilakukan dari SOC 100% hingga 20% dan dalam kondisi pengisian hingga mencapai SOC 95%. Data pengujian diproses dengan simulasi model untuk memprediksi efek pengujian selama 1000 hari terhadap penurunan kapasitas, umur, dan SOH baterai. Hasil pengujian menunjukkan peningkatan kecepatan kendaraan menyebabkan laju arus discharge baterai yang semakin tinggi, dan diiringi dengan kenaikan temperatur baterai yang semakin cepat juga. Dari pengukuran dapat dilihat semakin tinggi putaran ICE maka akan semakin mengurangi beban yang diterima baterai. Hasil simulasi SOH dan battery aging pada MATLAB Simulink menampilkan laju penurunan kapasitas baterai terhadap siklus yang dialami baterai dengan memperhitungkan laju arus (C-Rate), temperatur, dan depth of discharge (DOD). Kemudian hasil simulasi di optimasi menggunakan genetic algorythm (GA). Dihasilkan ICE di PHEV dengan mode hybrid SOC 90% dengan 8000 rpm memiliki kemampaun penurunan laju degradasi kapasitas baterai yang lebih baik dibandingkan mode lainnya sehingga menghasilkan SOH yang paling baik dimana baterai tetap sehat dan umur yang paling panjang. peningkatan umurnya dapat mencapai 100% atau dua kali lipat dibandingkan dengan mode Hybrid full electric.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ808 Renewable energy sources. Energy harvesting.
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2921 Lithium cells.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Amal Mahendra Sitorus
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:47
Last Modified: 13 Aug 2024 06:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/115378

Actions (login required)

View Item View Item