Studi Perbandingan Pengaruh Ignition Timing Pada Engine 4 Langkah DOHC Terhadap Hasil Mapping Retard Dan Advance Menggunakan Bahan Bakar Pertamax Turbo

Fauzan, Dhia Rafie Daffa (2024) Studi Perbandingan Pengaruh Ignition Timing Pada Engine 4 Langkah DOHC Terhadap Hasil Mapping Retard Dan Advance Menggunakan Bahan Bakar Pertamax Turbo. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10211810010018-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
10211810010018-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Tidak bisa dipungkiri bahwa semakin banyaknya orang yang menggunakan kendaraan, dengan semakin tingginya penggunaan kendaraan bermotor di Indonesia maka akan semakin meningkatnya penggunan bahan bakar minyak (BBM) dan yang terjadi akan semakin meningkatnya polusi udara. Pada saat ini semua orang telah ketergantungan terhadap bahan bakar minyak (BBM), akan tetapi cadangan minyak di Indonesia semakin lama semakin berkurang. Maka dari itu diharapkan menjadi solusi pada permasalahan diatas. Pada penelitian ini akan dilakukan menggunakan engine empat langkah DOHC 1500cc dan juga menggunakan ECU programmable yang digunakan untuk menyetting ECU kendaraan tersebut. Disebutkan juga bahwa menggunakan bahan bakar pertamax turbo dengan RON 98. Pada awal pengujian ini akan dijelaskan beberapa teori dasar dari prinsip kerja engine empat langkah, kemudian teori dasar engine control unit (ECU), dan juga teori dasar dari bahan bakar pertamax turbo RON 98. Penelitian ini menggunakan dynamometer untuk mendeteksi data yang telah kita rubah. Pada penelitian ini penulis menentukan rpm yang cocok untuk harian dan balap, untuk rpm harian digunakan pada rpm 4000 dan balap menggunakan rpm 5500. Hasil yang didapatkan untuk settingan mapping ignation timing yang cocok untuk harian adalah menggunakan settingan mapping retard -2° yang menghasilkan nilai effisiensi sebesar 32,38042564 % dan untuk balap menggunakan settingan mapping advance +2° yang memiliki nilai effisiensi sebesar 31,1737017 %. Pemilihan tersebut dipilih karena memiliki nilai daya dan effisiensi tertinggi pada rpm tersebut.
========================================================================================================
It cannot be denied that more and more people will use vehicles, with the increasing use of motorized vehicles in Indonesia, the use of fuel oil (BBM) will increase and what will happen will be an increase in air pollution. At this time, everyone is dependent on fuel oil (BBM), but oil reserves in Indonesia are increasingly decreasing. Therefore, it is hoped that this will be a solution to the above problems. This research will be carried out using a 1500cc DOHC four-stroke engine and also using a programmable ECU that is used to set the vehicle's ECU. It was also stated that using Pertamax turbo fuel with RON 98. At the beginning of this test, some basic theories of the working principle of a four-stroke engine will be explained, then the basic theory of the engine control unit (ECU), and also the basic theory of Pertamax turbo RON 98 fuel. This study uses a dynamometer to detect data that we have changed. In this research the author determines the rpm that is suitable for daily and racing, for daily rpm it is used at 4000 rpm and for racing it uses 5500 rpm. The results obtained for the ignition timing mapping setting which is suitable for daily use the -2° retard mapping setting which produces an efficiency value of 32.38042564% and for racing use the +2° advance mapping setting which has an efficiency value of 31.1737017%. This selection was chosen because it has the highest power and efficiency values at that rpm.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Ignation Timing, Dynamometer, Electronic Control Unit
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ265.E23 Thermodynamics.
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ785 Internal combustion engines. Spark ignition
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4)
Depositing User: Dhia Rafie Daffa Fauzan
Date Deposited: 16 Aug 2024 07:50
Last Modified: 16 Aug 2024 07:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/115440

Actions (login required)

View Item View Item