Implementasi Metode AHP untuk Pemilihan Lokasi Pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan di Yayasan Pondok Pesantren Syifaul Qulub Gresik

Abdurrohman, Azhar Adam (2024) Implementasi Metode AHP untuk Pemilihan Lokasi Pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan di Yayasan Pondok Pesantren Syifaul Qulub Gresik. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032221096-Master_Theses.pdf] Text
6032221096-Master_Theses.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until October 2026.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pemilihan lokasi yang tepat merupakan langkah awal yang krusial dalam pembangunan sekolah baru, terutama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Islam Berbasis IT Yayasan Pondok Pesantren Syifaul Qulub Gresik. Pendektan systematic literature review (SLR) and focus group discussion (FGD) dalam menentukan kriteria lokasi pembangunan SMK Islam berbasis IT. Kriteria dalam penentuan lokasi mencakup aksesibilitas, lingkungan & keamanan, kepatuhan regulasi, ketersediaan sumber daya manusia, fasilitas & infrastruktur, kerja sama & aktivitas ekstrakurikuler, pengaruh religi, dan pendidikan tambahan. AHP digunakan untuk menetapkan bobot kriteria berdasarkan perbandingan berpasangan. Analisis sensitivitas dilakukan untuk menentukan ketahanan model untuk setiap perubahan kritis. Hasil normalisasi menunjukkan bahwa kriteria aksesibilitas (K1) memiliki bobot tertinggi (0.24), menunjukkan pentingnya kriteria aksesibilitas dalam pemilihan lokasi sekolah. Kriteria dengan bobot terendah adalah fasilitas & infrastruktur (K4) dengan bobot 0.03. Pemilihan lokasi SMK Islam Berbasis IT harus mempertimbangkan aksesibilitas yang baik untuk memastikan semua siswa, dapat mengakses pendidikan dengan mudah. Kemitraan yang kuat dengan industri dan universitas memperkaya kurikulum, memberikan kesempatan magang, dan mendukung kegiatan ekstrakurikuler, meningkatkan kesiapan siswa untuk dunia kerja. Fasilitas dan infrastruktur sekolah yang memenuhi standar penting untuk mendukung proses belajar mengajar dan aktivitas ekstrakurikuler, menciptakan lingkungan yang kondusif dan mempersiapkan siswa untuk kesuksesan akademik dan profesional.
=================================================================================================================================
Selection location is a crucial step in new schools, especially the IT-Based Islamic Vocational High School (SMK) of the Syifaul Qulub Gresik Foundation. Systematic literature review (SLR) and focus group discussion (FGD) approach in determining the criteria for the location of the construction of IT-based Islamic Vocational Schools. Criteria in determining the location include accessibility, environment & safety, regulatory compliance, availability of human resources, facilities & infrastructure, cooperation & extracurricular activities, religious influence, and additional education. AHP is used to set the weight of the criteria based on the pair comparison. Sensitivity analysis is performed to determine the resilience of the model to any critical changes. The normalization results showed that the accessibility criterion (K1) had the highest weight (0.24), indicating the importance of accessibility criteria in the selection of school locations. The criterion with the lowest weight is facilities & infrastructure (K4) with a weight of 0.03. Selection location of an IT-Based Islamic Vocational School must consider good accessibility to ensure that all students can access education easily. Strong partnerships with industry and universities enrich the curriculum, provide internship opportunities, and support extracurricular activities, improving students' readiness for the workforce. School facilities and infrastructure that meet critical standards to support the teaching and learning process and extracurricular activities, create a conducive environment and prepare students for academic and professional success.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Alternatif, AHP, Kriteria, Multi-criteria Decision Making
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA401 Mathematical models.
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Azhar Adam Abdurrohman
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:02
Last Modified: 22 Aug 2024 03:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/115504

Actions (login required)

View Item View Item