PEMODELAN CHURN PELANGGAN FLEXI MENGGUNAKAN ARTIFICIAL NEURAL NETWORK DI REPRESENTATIVE OFFICE SURABAYA

SUKMAWATI, RIAS (2012) PEMODELAN CHURN PELANGGAN FLEXI MENGGUNAKAN ARTIFICIAL NEURAL NETWORK DI REPRESENTATIVE OFFICE SURABAYA. Masters thesis, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER.

[img] Text
9109205401-master thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Selama beberapa tahun terakhir, sektor telekomunikasi nirkabel telah menjadi salah satu bisnis yang berkembang tercepat. Berbagai faktor dapat mendorong seseorang pelanggan untuk tetap bertahan pada satu operator telekomunikasi atau berpindah menggunakan operator lain. Perpindahan inilah yang disebut churn, kondisi dimana pelanggan yang meninggalkan produk awal dan berpindah ke produk lain. Beberapa faktor dapat menyebabkan seorang pelanggan memutuskan untuk berhenti menggunakan salah satu operator, salah satunya adalah ketidakpuasan layanan sebagai contoh terputusnya sambungan telepon ketika sedang digunakan untuk berkomunikasi. Hal ini yang kemudian menyebabkan paradigma atas suatu produk tidak berubah walapun tagline telah diubah. Penelitian ini memodelkan beberapa faktor yang diprediksi menyebabkan churn (dimana pelanggan yang meninggalkan produk awal dan berpindah ke produk lain) antara lain Call Setup Success Ratio,Drop Call Average,Call Completion Ratio, serta Standar kinerja layanan pesan singkat dengan menggunakan metode artificial neural network dimana faktor- faktor tersebut akan menjadi layer inputan dalam pelatihan. Data yang digunakan sebagai variable output adalah tingkat churn antara range Januari 2011 sampai dengan Agustus 2011. Dari beberapa hasil pemodelan diperoleh kesimpulan bahwa penyebab tingkat churn lebih disebabkan karena tingkat Call Completion Ratio. Hal ini ditunjukkan dari hasil pemodelan dan beberapa proses uji coba diperoleh bobot Call Completion Ratio lebih tinggi dibandingkan dengan bobot dari 3(tiga) faktor yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 006.32 Suk p
Uncontrolled Keywords: telekomunikasi, pelanggan, churn, neural network,
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5101 Telecommunication
Divisions: Magister Management Technology
Depositing User: Mrs Ansi Aflacha
Date Deposited: 22 Dec 2016 06:01
Last Modified: 22 Dec 2016 06:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1156

Actions (login required)

View Item View Item