Pemrograman ECU Mobil Formula Student Sapuangin Speed untuk Fungsi Launch Control dengan Mengatur Ignition Timing

Hafizh, Raihan Naufal (2024) Pemrograman ECU Mobil Formula Student Sapuangin Speed untuk Fungsi Launch Control dengan Mengatur Ignition Timing. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5007201240-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5007201240-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2026.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Launch control merupakan perangkat pada mobil yang dapat membantu driver ketika berakselerasi sehingga mobil tidak akan kehilangan traksi dan driver dapat fokus ke track. Launch control menahan RPM mesin di rentang yang ideal digunakan untuk berakselerasi, namun tidak sampai membuat roda mengalami kondisi spin. Kondisi spin dapat terjadi pada roda ketika gaya dorong/traksi yang diberikan oleh mesin melebihi gaya gesek antara ban dan permukaan jalan. Pada launch control, kecepatan roda akan dipantau secara bersamaan agar mendapatkan slip ratio yang ideal. Metode yang digunakan oleh launch control untuk membatasi torsi yang keluar dari mesin adalah dengan memundurkan waktu pengapian atau bahkan mematikan sesaat pengapiannya. Dengan memundurkan waktu pengapian atau mematikan pengapian akan membuat pembakaran di ruang bakar menjadi berkurang atau bahkan tidak terjadi pembakaran sama sekali sehingga torsi yang dihasilkan oleh mesin akan berkurang. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan harapan penambahan launch control pada mobil formula tim Sapuangin Speed dapat membantu driver mengendalikan mobil formulanya dan memiliki performa yang baik. Langkah awal yang diperlukan pada penelitian ini adalah mengetahui spesifikasi mobil formula Sapuangin Speed 7 seperti torsi mesin dan spin area. Setelah itu menghitung gaya traksi/dorong yang diperlukan untuk berakselerasi dengan percepatan yang diinginkan. Kemudian menganalisis rentang RPM ideal yang digunakan untuk melakukan akselerasi melalui programmable ECU dan terakhir melakukan percobaan akselerasi dan mencatat hasil waktunya. Dari hasil penelitian, didapatkan kebutuhan gaya traksi maksimal yang diperlukan untuk berakselerasi sebesar 4,024 kN sebelum terjadi spin. Kemudian, terlihat spin pada roda mobil mulai terjadi ketika menggunakan RPM launch di 7000 RPM dengan gaya dorong sebesar 4,421 kN sehingga spin area mobil formula student tim Sapuangin berada pada RPM 7000 ke atas. Slip ratio tertinggi dari hasil pengujian untuk roda mobil formula student tim Sapuangin sebesar 0,86 didapat ketika menggunakan RPM launch sebesar 6500 dengan mengatur waktu pengapian yang dimundurkan 5 derajat BTDC. Pengaruh penggunaan launch control pada mobil formula student tim Sapuangin dapat dilihat dari waktu akselerasinya yang semakin cepat, ketika berakselerasi tanpa launch control waktunya sebesar 6,02 detik sementara ketika berakselerasi dengan launch control dengan RPM launch di 6500 dan waktu pengapian yang diatur mundur 5 derajat BTDC waktu akselerasinya tercatat 4,42 detik sehingga dengan launch control mampu mengurangi waktu akselerasinya hingga mencapai 26,5%.
=================================================================================================================================
Launch control is a device that can help the driver when acceleration so that the car would not losing the traction, and driver could be more focus to the track. Launch control hold engine RPM at ideal range to accelerate but does not make the wheel spin. Wheel spin could be occurred because of thrust force/longitudinal force that produced by the engine bigger than frictional force between tire and road surface. With launch control, wheel speeds are simultaneously monitored to achieve ideal slip ratio. The method that been used by launch control to limit the torque produced by engine is ignition spark retarding or even ignition cut. Ignition retarding or ignition cut make the combustion inside the ignition chamber reduced or no combustion occurred at some cycles, so the torque produced from engine will be reduced. Therefore this research was carried out in the hope that adding launch control to the Sapuangin Speed team’s formula car will help driver control the car and having a better performance. First step of this research is knowing specification of the Sapuangin Speed team’s formula car like engine torque and spin area. After that, calculating tractional force/thrust force that needed for accelerating with the desired acceleration. Next, analyze the ideal RPM range that used to acceleration via programmable ECU. At last doing the acceleration test and record the time results. From the research results, it was obtained that the traction force required to accelerate was 4,024 kN before the wheel spin occur. Then, it was seen that the spin on the car wheels started to occur when using RPM launch at 7000 RPM and the traction force is 4,421 kN. So that the spin area of the Sapuangin team’s formula student car was at RPM 7000 and above. The best slip ratio for the wheels of the Sapuangin team’s formula student car is 0,86 when using a launch RPM of 6500 with the ignition timing retarded 5 degrees BTDC. The effect of using launch control on the Sapuangin team's formula student car can be seen from the faster acceleration time, when accelerating without launch control the time is 6,02 seconds while when accelerating with launch control with the launch RPM at 6500 and the ignition timing retarded 5 degrees BTDC The acceleration time was recorded at 4,42 seconds, so the effect of using launch control was able to reduce the acceleration time by up to 26,5% compared to the acceleration time without using any launch control.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Acceleration, Ignition Timing, Akselerasi, Launch Control, RPM, Waktu Pengapian
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ785 Internal combustion engines. Spark ignition
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Raihan Naufal Hafizh
Date Deposited: 10 Sep 2024 05:49
Last Modified: 10 Sep 2024 05:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/115618

Actions (login required)

View Item View Item