Rifki, Wananda Muhammad (2024) Analisis Penerimaan Aplikasi Investasi Seluler Menggunakan Modified Technology Acceptance Model. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
6032222010-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2027. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
“Pluang” merupakan salah satu produk inovasi investasi berbasis seluler atau mobile investment yang memiliki beragam produk, antara lain emas, saham, kripto, reksadana, dan indeks. Sejak diperkenalkan ke publik pada tahun 2019, adopsi produk inovasi ini terus meningkat secara signifikan yang ditunjukkan dengan pertumbuhan pengguna dalam tiga tahun pertama. Permasalahan muncul ketika dalam satu tahun terakhir pertumbuhan pengguna mulai melambat dan keluhan meningkat secara drastis terutama terkait dengan inovasi produk yang dirasa memberatkan pengguna, sehingga keberlanjutan dan peningkatan adopsi aplikasi ini dari berbagai kalangan pengguna harus dipastikan dan rencana perbaikan manajemen untuk meningkatkan adopsi aplikasi harus segera diinsisiasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi adopsi aplikasi "Pluang", seperti reputasi, efikasi diri, perilaku penggunaan, inovasi, sikap untuk menggunakan, keinginan untuk menggunakan, dan kemudahan aplikasi dengan menggunakan pendekatan Modified Technology Acceptance Model (M-TAM), yang merupakan model keberterimaan/konseptual terhadap adopsi teknologi aplikasi "Pluang". Pengambilan sampel secara purposif digunakan untuk memperoleh responden minimal sebanyak 200 orang dengan dasar pertimbangan dua kali jumlah data minimal yang dibutuhkan berdasarkan jumlah hubungan antar variabel pada model konseptual dan untuk mengantisipasi adanya data error pada saat proses pengolahan data. Selanjutnya, data tersebut dianalisis dengan PLS-SEM (Partial Least Square – Structured Equation Modelling) untuk menemukan hubungan struktural antara variabel-variabel dalam model dan menguji hipotesis penelitian. Penelitian ini menemukan bahwa enam dari sembilan hipotesis menunjukkan korelasi signifikan dalam penerimaan aplikasi investasi seluler, khususnya terkait dengan reputasi, inovasi, efikasi diri, dan sikap pengguna terhadap niat penggunaan. Hasil ini menekankan perlunya strategi untuk meningkatkan reputasi aplikasi, mendorong inovasi berkelanjutan, serta menyesuaikan pelatihan dan kampanye promosi agar lebih efektif dalam mengubah sikap positif menjadi niat penggunaan yang kuat.
=================================================================================================================================
"Pluang" is one of the mobile investment innovation products that has various products, including gold, stocks, crypto, mutual funds, and indices. Since its introduction to the public in 2019, the adoption of this innovation product has continued to increase significantly as indicated by the growth of users in the first three years. Problems arose when in the past year user growth began to slow down and complaints increased drastically, especially related to product innovations that were considered burdensome to users, so the sustainability and increase in adoption of this application from various user groups must be ensured and a management improvement plan to increase application adoption must be initiated immediately. Based on these problems, the purpose of this study is to identify factors that influence the adoption of the "Pluang" application, such as reputation, self-efficacy, usage behavior, innovation, attitude toward use, intention to use, and ease of use using Modified Technology Acceptance Model (M-TAM) approach, which is a conceptual/acceptance model for the adoption of the "Pluang" application. Purposive sampling was used to obtain a minimum of 200 respondents based on the consideration of twice the minimum amount of data needed based on the number of relationships between variables in the conceptual model and to anticipate data errors during the data processing process. Furthermore, the data was analyzed using PLS-SEM (Partial Least Square - Structured Equation Modeling) to find structural relationships between variables in the model and test the research hypotheses. This study found that six of the nine hypotheses showed significant correlations in the acceptance of mobile investment applications, especially related to reputation, innovation, self-efficacy, and user attitudes towards use. These results emphasize the need for strategies to improve application reputation, encourage continuous innovation, and adjust training and promotional campaigns to be more effective in converting positive attitudes into strong usage intentions.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | adopsi aplikasi, M-TAM, mobile investment, PLS-SEM, Pluang, adoption factors |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance H Social Sciences > HG Finance > HG4910 Investments |
Divisions: | Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT) |
Depositing User: | Wananda Muhammad Rifki |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 01:47 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 01:47 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/115804 |
Actions (login required)
View Item |