Studi Rawan Kemacetan Dan Penataan Parkir Pada Ruas Jalan Jatinegara Timur-Otto Iskandar Dinata, Kota Jakarta Timur

Khotimah, Dinda Husnul (2024) Studi Rawan Kemacetan Dan Penataan Parkir Pada Ruas Jalan Jatinegara Timur-Otto Iskandar Dinata, Kota Jakarta Timur. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111840000098-Non_Degree.pdf] Text
03111840000098-Non_Degree.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2027.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kemacetan sudah menjadi bagian dari ciri khas suatu kawasan pusat perkotaan maupun jalan antar kota dikarenakan waktu terjadinya yang rutin terutama pada waktu jam pergi kantor, jam pulang kantor, dan akhir pekan. Salah satu titik kemacetan yang ada di Jakarta Timur adalah jalur Jatinegara Timur-Otto Iskandar Dinata. Penyebab utama kemacetan di jalan Jatinegara Timur-Otto Iskandar Dinata karena kurangnya penataan parkir khususnya di Pusat Perbelanjaan dengan tipe parkir yang digunakan yaitu off-street. Pada penelitian ini, akan dilakukan perubahan lahan parkir agar tertata lebih rapih dan tidak memenuhi bahu jalan seperti yang sedang terjadi. Dengan menggunakan data primer yaitu volume kendaraan yang melewati Jalan Jatinegara Timur-Otto Iskandar Dinata sebagai indikator kemacetan, hambatan samping, volume kendaraan yang melakukan parkir, dan panjang total lahan, serta data sekunder berupa kapasitas ruas jalan dan lebar satuan kendaraan untuk dilakukan analisis guna mendapatkan volume kendaraan tertinggi. Dari perhitungan tersebut didapat hasil volume kendaraan tertinggi terjadi pada hari Jumat pukul 16.00-17.00 sebesar 1339 smp. Lalu untuk hasil total kendaraan yang parkir selama 2 jam pengamatan didapatkan hasil 446 untuk motor dan 504 untuk mobil. Dan untuk model penataan parkir yang digunakan adalah parkir off-street dengan dua pola yaitu, pola tegak lurus (untuk kendaraan motor) dan pola parallel (untuk kendaraan mobil). Berdasarkan pola tersebut daya tampung untuk motor (tegak lurus) sebesar kurang lebih 200 kendaraan dan daya tampung untuk mobil (pararel) sebesar kurang lebih 84 kendaraan. Dari perhitungan sebelumnya, kemudian ditentukan flow rate (tingkat lalu lintas pada waktu puncak) dengan hasil analisis flow rate kemacetan diperoleh 900 Kendaraan/Jam, total kendaraan setelah penataan parkir (on-street to off-street) diperoleh 636 Kendaraan/Jam, sehingga didapatkan peningkatan flow rate sebesar 41,05%. Penelitian ini sangat penting dilakukan guna mencegah kemacetan dan meningkatkan kenyamanan masyarakat sebagai pengguna transportasi selama berkendara dilokasi penelitian dan dapat mengurangi tingkat kecelakaan. ==================================================================================================================================
Traffic congestion has become a characteristic feature of urban centers and intercity roads, particularly during routine peak hours, such as morning and evening rush hours and weekends. One of the congestion points in East Jakarta is the Jatinegara Timur-Otto Iskandar Dinata route. The main cause of congestion here is the lack of organized parking, especially at shopping centers where off-street parking is used. This study proposes rearranging the parking layout to ensure tidier organization and to keep the shoulders of the road clear, addressing the current issue. Primary data collected includes vehicle volume on Jatinegara Timur-Otto Iskandar Dinata as a congestion indicator, side obstacles, parked vehicle volume, and total available parking area. Secondary data consists of road segment capacity and the vehicle unit width to conduct an analysis aimed at determining peak vehicle volume. Results show that the highest vehicle volume occurred on Friday from 4:00 to 5:00 p.m., with a total of 1,339 smp. Over two hours of observation, 446 motorcycles and 504 cars were recorded parking. The off-street parking layout proposed includes two patterns: perpendicular parking for motorcycles and parallel parking for cars. Based on these patterns, the parking capacity is estimated to be around 200 motorcycles and 84 cars. With this data, the peak traffic flow rate was calculated. Before parking reorganization, the congestion flow rate was 900 vehicles/hour, while the post-reorganization flow rate (with on-street parking moved to off-street) reached 636 vehicles/hour, showing a 41.05% improvement. This study is crucial in preventing congestion, enhancing the convenience of transportation for community members, and reducing accident rates on the studied route.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Ruas Jalan Jatinegara Timur-Otto Iskandar Dinata, Analisis Kemacetan, Volume Kendaraan, Desain Parkir, Jatinegara Timur-Otto Iskandar Dinata Road, Traffic Congestion Analysis, Vehicle Volume, Parking Design.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355 Traffic engineering
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Dinda Husnul Khotimah
Date Deposited: 21 Nov 2024 04:39
Last Modified: 21 Nov 2024 04:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/115807

Actions (login required)

View Item View Item