Kajian Penurunan Emisi Karbon Dioksida (Co2) Dengan Program Car Free Day Di Jalan Raya Darmo Surabaya

Muflihin, Mirza Nur (2022) Kajian Penurunan Emisi Karbon Dioksida (Co2) Dengan Program Car Free Day Di Jalan Raya Darmo Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03211840000060-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03211840000060-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB)

Abstract

Salah satu sumber pencemaran udara di kota besar berasal dari kendaraan bermotor. Gas buang yang dihasilkan kendaraan bermotor berkontribusi sebesar 60-70% dalam pencemaran udara. Pencemaran udara adalah masuknya atau dimasukkannya zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam udara ambien sehingga turunnya mutu udara ambien. Pengaruh pencemaran udara dapat menyebabkan efek rumah kaca yang dapat memicu terjadinya pemanasan global. Salah satu gas rumah kaca yang mempengaruhi terjadinya pemanasan global ialah karbon dioksida (CO2). Salah satu program yang bertujuan untuk mengurangi dan mengendalikan pencemaran udara adalah program Car Free Day (CFD). Penelitian ini ditujukan untuk mengukur seberapa besar konsentrasi CO2 udara ambien dan seberapa efisien penurunan konsentrasi CO2 di Jalan Raya Darmo Surabaya dan sekitarnya akibat adanya program CFD dibandingkan terhadap Non Car Free Day (NCFD). Penelitian dilakukan di Jalan Raya Darmo dan sekitarnya setiap hari Sabtu saat NCFD dan hari Minggu saat CFD yang dimulai pukul 06.00 sampai pukul 09.30 WIB. Pengukuran konsentrasi CO2 dilakukan sebanyak 4 kali atau 4 minggu selama bulan Maret – April 2022 pada lima titik yang berbeda di sekitar Jalan Raya Darmo yaitu di tititk A, B, C, D, dan E. Titik A, B, C, dan E adalah lokasi terjadinya peralihan arus kendaraan bermotor, sedangkan titik D di sepanjang Jalan Raya Darmo lokasi berlakunya CFD. Konsentrasi CO2 yang diukur ialah konsentrasi CO2 udara ambien dengan satuan hasil ppm, menggunakan alat CO2 meter. Konsentrasi CO2 udara ambien pada lokasi penelitian untuk hari NCFD pada titik A,B,C,D, dan E sebesar 608 ppm, 448 ppm, 454 ppm, 500 ppm dan 530 ppm, sedangkan untuk hari CFD pada titik A,B,C, D, dan E tersebut adalah sebesar 534 ppm, 463 ppm, 467 ppm, 434 ppm, dan 480 ppm. Hal ini membuktikan bahwa telah terjadi penurunan konsentrasi CO2 udara ambien saat diberlakukannya CFD dibandingkan dengan NCFD walaupun pada titik B dan C mengalami kenaikan yang kecil karena adanya aktivitas pasar CFD. Besaran efisiensi penurunan konsentrasi CO2 udara ambien pada lokasi CFD sebesar 13,25%.
================================================================================================================================
One source of air pollution in big cities comes from motor vehicles. Exhaust gas produced by motorized vehicles contributes 60-70% in air pollution. Air pollution is the entry or inclusion of substances, energy, and/or other components into the ambient air so that the ambient air quality decreases. The effect of air pollution can cause the greenhouse effect which can trigger global warming. One of the greenhouse gases that affect global warming is carbon dioxide (CO2). One program that aims to reduce and control air pollution is the Car Free Day (CFD) program. This study aims to measure how much CO2 concentration is in the ambient air and how efficient is the reduction in CO2 concentration on Raya Darmo Street Surabaya and its surroundings due to the CFD program compared to Non Car Free Day (NCFD). The research was conducted on Raya Darmo Street and its surroundings every Saturday during NCFD and Sunday during CFD starting at 06.00 until 09.30 WIB. Measurement of CO2 concentration was carried out 4 times or 4 weeks during March – April 2022, at five different points around Raya Darmo Street, namely at points A, B, C, D, and E. Points A, B, C, and E is the location where the transition of motorized vehicle flows occurs, while point D along Raya Darmo Street is the location where the CFD applies. The measured CO2 concentration is the ambient air CO2 concentration in ppm as a result, using a CO2 meter.
The ambient air CO2 concentrations at the study site for NCFD days at points A, B, C, D, and E were 608 ppm, 448 ppm, 454 ppm, 501 ppm and 530 ppm, while for CFD days at points A, B, C, D, and E are 534 ppm, 463 ppm, 467 ppm, 434 ppm, and 480 ppm. This proves that there has been a decrease in ambient CO2 concentration during implementation of CFD compared to NCFD although at points B and C there has been a small increase due to CFD market activity. The efficiency of decreasing CO2 concentration at the CFD location is 13,25%

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSL 363.738 7 Muf k-1 2022
Uncontrolled Keywords: car free day, CO2 meter, efisiensi, Jl. Raya Darmo, karbon dioksida, efficiency, Raya Darmo street
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD883.5 Air--Pollution
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Environmental Engineering > 25201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 03 Dec 2024 06:15
Last Modified: 03 Dec 2024 06:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/115887

Actions (login required)

View Item View Item