PERENCANAAN JALAN LINGKAR MOJOAGUNG STA 02+050 s/d 05+266 KABUPATEN JOMBANG

PUTRA, FAJAR ARIES and NUGROHO, RACHMAD (2016) PERENCANAAN JALAN LINGKAR MOJOAGUNG STA 02+050 s/d 05+266 KABUPATEN JOMBANG. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3109038004-007-Abstract.pdf]
Preview
Text
3109038004-007-Abstract.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of 3109038004-007-Non Degree.pdf]
Preview
Text
3109038004-007-Non Degree.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[thumbnail of 3109038004-007-conclusion_putra_nugroho.pdf]
Preview
Text
3109038004-007-conclusion_putra_nugroho.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview

Abstract

Jalan atau jalan raya merupakan sarana dan prasarana
transportasi yang sangat penting keberadaannya untuk
menghubungkan daerah satu dengan daerah yang lain atau
suatu tempat dengan tempat lain untuk aktivitas dan dinamika
masyarakat serta untuk memperlancar suatu kegiatan.
Keberadaan Jalan Lingkar Mojoagung Kabupaten Jombang
sebagai salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan lalu
lintas di pusat kecamatan tersebut. Hal ini dikarenakan
meningkatnya aktifitas perekonomian sehingga berdampak
meningkatnya volume kendaraan yang melintasi Kota
Kecamatan Mojoagung - Jombang. Kondisi ruas jalan yang
tidak sebanding dengan perkembangan jumlah kendaraan
yang melalui Kota Kecamatan Mojoagung - Jombang
mengakibatkan kemacetan yang tidak dapat dihindari,
sehingga kenyamanan dan keamanan pengguna jalan
berkurang. Peningkatan dan pelebaran jalan arteri pada
tengah Kota Kecamatan Mojoagung tidaklah mungkin dapat
dilaksanakan dikarenakan kondisi tepi jalan arteri merupakan
pusat perdagangan masyarakat Mojoagung.
Perencanaan Jalan Lingkar Mojoagung ini meliputi
perencaan geometrik jalan raya berdasarkan Standart Untuk
Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota Direktorat Jenderal
Bina Marga 1990, Analisa kapisatas jalan dengan
menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI)
1997, Perencanaan tebal perkerasan dengan metode analisa
komponen 1987 serta Perencanaan drainase dengan SNI-03-
3432-1994.
Dari perhitungan dan analisa perencanaan diperoleh
hasil, untuk geometrik jalan pada alinyemen horisontal
didapatkan hasil 6 (enam) tikungan yang terdiri dari full
circel dan spiral – circle – spiral dengan kecepatan rencana
Vr = 60km/jam, sedangkan alinyemen vertikal didapat
kelandaian maksimal 2%. Pada perencanaan lebar jalan
berdasarkan analisa kapasitas jalan, diperoleh hasil yang
menetapkan tipe jalan yang digunakan untuk Jalan Lingkar
mojoagung adalah Tipe Empat Lajur Dua Arah Tak Terbagi
(4/2 UD) dengan Lebar Per-lajur adalah 3,50 meter dan lebar
bahu jalan 2,00 meter. Pada tahap perencanaan tebal
perkerasan lentur, perhitungan dilaksanakan dengan metode
bertahap, dengan tahapan 6 tahun pada tahap pertama, 9
tahun pada tahap kedua, dan 5 tahun pada tahap terakhir
dilaksanakan dengan overlay. Didapatkan susunan
perkerasan surface course (Laston MS 744) tebal total 18,5
cm (7,5+5+6 cm), sub base course (Batu Pecah Kelas B CBR
80%) tebal 22 cm, dan base course (Sirtu Kelas A CBR 70%)
tebal 23 cm. Untuk drainase menggunakan dimensi segi empat
dengan dimensi maksimal tinggi 1,89 m dan lebar 1,00 m.
Total anggaran untuk Jalan Lingkar Mojoagung sebesar Rp.
36.839.635.000,00 (Tiga Puluh Enam Milyar Delapan Ratus
Tiga Puluh Sembilan Juta Enam Ratus Tiga Puluh Lima Ribu
Rupiah).

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSS 625.7 Put p
Uncontrolled Keywords: Jalan Baru
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 22 Dec 2016 03:50
Last Modified: 27 Dec 2018 03:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1160

Actions (login required)

View Item View Item