PERENCANAAN JALAN LINGKAR MOJOAGUNG STA 02+050 s/d 05+266 KABUPATEN JOMBANG

PUTRA, FAJAR ARIES and NUGROHO, RACHMAD (2016) PERENCANAAN JALAN LINGKAR MOJOAGUNG STA 02+050 s/d 05+266 KABUPATEN JOMBANG. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3109038004-007-Abstract.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3109038004-007-Non Degree.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3109038004-007-conclusion_putra_nugroho.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview

Abstract

Jalan atau jalan raya merupakan sarana dan prasarana transportasi yang sangat penting keberadaannya untuk menghubungkan daerah satu dengan daerah yang lain atau suatu tempat dengan tempat lain untuk aktivitas dan dinamika masyarakat serta untuk memperlancar suatu kegiatan. Keberadaan Jalan Lingkar Mojoagung Kabupaten Jombang sebagai salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan lalu lintas di pusat kecamatan tersebut. Hal ini dikarenakan meningkatnya aktifitas perekonomian sehingga berdampak meningkatnya volume kendaraan yang melintasi Kota Kecamatan Mojoagung - Jombang. Kondisi ruas jalan yang tidak sebanding dengan perkembangan jumlah kendaraan yang melalui Kota Kecamatan Mojoagung - Jombang mengakibatkan kemacetan yang tidak dapat dihindari, sehingga kenyamanan dan keamanan pengguna jalan berkurang. Peningkatan dan pelebaran jalan arteri pada tengah Kota Kecamatan Mojoagung tidaklah mungkin dapat dilaksanakan dikarenakan kondisi tepi jalan arteri merupakan pusat perdagangan masyarakat Mojoagung. Perencanaan Jalan Lingkar Mojoagung ini meliputi perencaan geometrik jalan raya berdasarkan Standart Untuk Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota Direktorat Jenderal Bina Marga 1990, Analisa kapisatas jalan dengan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, Perencanaan tebal perkerasan dengan metode analisa komponen 1987 serta Perencanaan drainase dengan SNI-03- 3432-1994. Dari perhitungan dan analisa perencanaan diperoleh hasil, untuk geometrik jalan pada alinyemen horisontal didapatkan hasil 6 (enam) tikungan yang terdiri dari full circel dan spiral – circle – spiral dengan kecepatan rencana Vr = 60km/jam, sedangkan alinyemen vertikal didapat kelandaian maksimal 2%. Pada perencanaan lebar jalan berdasarkan analisa kapasitas jalan, diperoleh hasil yang menetapkan tipe jalan yang digunakan untuk Jalan Lingkar mojoagung adalah Tipe Empat Lajur Dua Arah Tak Terbagi (4/2 UD) dengan Lebar Per-lajur adalah 3,50 meter dan lebar bahu jalan 2,00 meter. Pada tahap perencanaan tebal perkerasan lentur, perhitungan dilaksanakan dengan metode bertahap, dengan tahapan 6 tahun pada tahap pertama, 9 tahun pada tahap kedua, dan 5 tahun pada tahap terakhir dilaksanakan dengan overlay. Didapatkan susunan perkerasan surface course (Laston MS 744) tebal total 18,5 cm (7,5+5+6 cm), sub base course (Batu Pecah Kelas B CBR 80%) tebal 22 cm, dan base course (Sirtu Kelas A CBR 70%) tebal 23 cm. Untuk drainase menggunakan dimensi segi empat dengan dimensi maksimal tinggi 1,89 m dan lebar 1,00 m. Total anggaran untuk Jalan Lingkar Mojoagung sebesar Rp. 36.839.635.000,00 (Tiga Puluh Enam Milyar Delapan Ratus Tiga Puluh Sembilan Juta Enam Ratus Tiga Puluh Lima Ribu Rupiah).

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSS 625.7 Put p
Uncontrolled Keywords: Jalan Baru
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 22 Dec 2016 03:50
Last Modified: 27 Dec 2018 03:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1160

Actions (login required)

View Item View Item