Analisis Penggunaan Klaim Kartu Perawatan Berkala Konsumen Motor Honda untuk Meningkatkan Unit Entry Bengkel Resmi di Jawa Timur

Subagiyo, Hari (2024) Analisis Penggunaan Klaim Kartu Perawatan Berkala Konsumen Motor Honda untuk Meningkatkan Unit Entry Bengkel Resmi di Jawa Timur. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032231017-Master_Thesis.pdf] Text
6032231017-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2027.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kartu Perawatan Berkala (KPB) adalah fasilitas yang diberikan oleh pabrikan sepeda motor Honda bagi pemilik motor baru berupa servis gratis di bengkel resmi. Klaim KPB merupakan bagian penting dalam menjaga kinerja dan keandalan sepeda motor Honda dalam upaya memonitor kualitas motor Honda ke konsumen, hingga menjadi salah satu treatment pertama untuk membiasakan konsumen Honda datang ke bengkel resmi Honda (AHASS). Kondisi saat ini tingkat keberhasilan klaim masih rendah sehingga dapat mempengaruhi Unit Entry (UE). Analisis untuk meningkatkan pemanfaatan konsumen menggunakan KPB merupakan inovasi baru dalam industri otomotif khususnya bidang servis resmi. Penelitian ini dilakukan melalui tinjauan literatur yang komprehensif untuk meningkatkan penggunaan klaim Kartu Perawatan Berkala. Selanjutnya, data dikumpulkan untuk analisis menggunakan analisis predictive untuk mengidentifikasi faktor-faktor signifikan yang berkontribusi terhadap penggunaan klaim KPB dari masing-masing KPB maupun keseluruhan KPB 1 – 4 digunakan. Analisis faktor predictive tersebut menjadi acuan dalam melakukan Customer Relationship Management (CRM) ke konsumen, selain itu analisis mengenai faktor mengapa konsumen tidak melakukan KPB-nya secara benar mulai dari KPB 1, KPB 2, KPB 3, dan KPB 4 juga menjadi salah satu acuan untuk menentukan implementasi CRM yang akan dilakukan. Metode CRM yang dipilih adalah layering reminder ke konsumen dengan acuan hasil penelitian, pemanfaatan dashboard Power BI dalam mendistribusi database konsumen serta tools WhatsApp Blast yang membantu mempermudah CRM, serta pemanfaatan aplikasi untuk memberikan push-up notification ke konsumen menjadi metode yang dipilih untuk peningkatan konsumen menggunakan KPB. Hasil penelitian didapatkan bahwa faktor yang membuat mempengaruhi konsumen memutuskan untuk menggunakan KPB 1–KPB 4 secara penuh adalah klasifikasi motor konsumen, usia konsumen, nilai kepuasan konsumen saat melakukan pembelian motor, pekerjaan konsumen, jenis kelamin konsumen, pengeluaran konsumen, pendidikan konsumen. Perbaikan melalui aktivitas CRM yang memiliki layering terbukti meningkatkan penggunaan KPB 6% secara kontribusi ke penjualan.
==================================================================================================================================
The Periodical Maintenance Card (called as KPB) is a facility provided by Honda motorcycle manufacturers for new motorcycle owners, offering free service at authorized workshops. KPB claims are an essential part of maintaining the performance and reliability of Honda motorcycles, serving as a means to monitor the quality of Honda motorcycles delivered to consumers. It also acts as one of the initial treatments to accustom Honda consumers to visiting Honda authorized workshops (AHASS). Currently, the success rate of KPB claims is still low, which can affect Unit Entry (UE). Analyzing strategies to improve customer utilization of KPB represents an innovative approach in the automotive industry, particularly in official service operations. This study was conducted through a comprehensive literature review to enhance the use of KPB claims. Data collection and predictive analysis were employed to identify significant factors influencing KPB claims, whether individually or collectively across KPB 1 to KPB 4. These predictive factors serve as a reference for implementing Customer Relationship Management (CRM) strategies targeting consumers. Additionally, the analysis of reasons why customers fail to properly utilize KPB 1 through KPB 4 provides insights into CRM implementation. The chosen CRM methods include a layered reminder system based on research findings, the use of a Power BI dashboard for consumer database distribution, WhatsApp Blast tools to streamline CRM processes, and app-based push notifications to customers. These methods aim to enhance consumer engagement with KPB. The study revealed that key factors influencing customers to fully utilize KPB 1–KPB 4 include motorcycle classification, customer age, satisfaction scores during purchase, occupation, gender, spending habits, and education level. Enhancements through layered CRM activities were shown to increase KPB utilization by 6%, contributing positively to sales performance.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kartu Perawatan Berkala, Konsumen Sepeda Motor Honda, Bengkel Resmi Honda, Customer Relationship Management
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Hari Subagiyo
Date Deposited: 16 Jan 2025 01:58
Last Modified: 16 Jan 2025 01:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/116312

Actions (login required)

View Item View Item