Wardani, Esti Kusuma (2025) Perbandingan Antara Perencanaan Perbaikan Tanah Metode Replacement dan Pemasangan PVD untuk Timbunan Badan Jalan Di Atas Tanah Lunak Studi Kasus: Ruas Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi Seksi 2 STA 23+075 - 23+670. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
![]() |
Text
6012231095-master_thesis.pdf Restricted to Repository staff only until 1 April 2027. Download (33MB) | Request a copy |
Abstract
Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi merupakan salah satu proyek strategis yang menjadi bagian dari ruas jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan sisi barat hingga timur pulau Jawa. Pada jalan tol ini tepatnya di seksi 3 STA 23+075 – 23+670, konstruksi struktur dan perkerasan jalan tol berdiri diatas tanah lunak dengan kedalaman bervariasi dengan titik yang paling dalam sekitar 9 meter. Adanya tanah lunak yang cukup dalam ini dikhawatirkan akan menimbulkan kerusakan terutama pada mainroad jalan tol yang akan memunculkan ketidaknyaman yang dirasakan oleh pengguna jalan apabila tanah lunak tersebut tidak dapat ditangani dengan baik.
Pada studi ini, direncanakan beberapa alternatif yang nantinya akan digunakan sebagai pertimbangan bagi pemilik proyek untuk menentukan metode yang paling efektif untuk penanganan tanah lunak pada lokasi tersebut. Metode yang digunakan adalah replacement tanah dasar yang nantinya akan dibandingkan dengan penggunaan PVD beserta estimasi biaya pada masing-masing metode. Selain itu juga dilakukan analisa terkait kesesuaian dengan peraturan rate of sisa settlement dari Dirjen Bina Marga yaitu kurang dari 2 cm per tahun dan kurang dari 10 cm per 10 tahun. Dari hasil studi didapatkan bahwa rate of settlement dari semua variasi tanah lunak dan replacement sudah memenuhi peraturan Bina Marga. Selain itu dari perbandingan kebutuhan biaya PVD dengan replacement menunjukkan bahwa PVD membutuhkan biaya yang lebih rendah dari pada replacement dengan waktu maksimal +5 minggu sehingga dapat disimpulkan menjadi metode alternatif terbaik.
====================================================================================================================================
The Probolinggo – Banyuwangi Toll Road, part of Trans Java Toll Road, is one of the strategic projects which connects the west to the east of the island of Java. On this toll road, precisely in section 3 STA 23+075 – 23+670, the toll road structure and pavement construction stands on soft ground with varying depths, with the deepest point being around 9 meters. It is concerned that the presence of soft soil which is quite deep will cause damage to the pavement, which will cause discomfort for road users if the soft soil cannot be improved properly. In this study, several alternatives are designed which will later be used as considerations for the project owner to determine the most effective method for improving soft soil at that location. The method used is subgrade replacement which will later be compared with the use of PVD along with estimated costs for each method. Apart from that, an analysis was also carried out regarding compliance with the rate of residual settlement regulations from the Director General of Highways, namely less than 2 cm per year and less than 10 cm per 10 years. From the study results, it was found that the rate of settlement of all variations of soft soil and replacement had met the Bina Marga regulations. In addition, a comparison of PVD cost requirements with replacement showed that PVD requires lower costs than replacement with a maximum time of +5 weeks so that it can be concluded as the best alternative method
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PVD, geotextile, replacement, tanah lunak, settlement |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA455.S6 Soil (Materials of engineering and construction) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA749 Soil stabilization T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA775 Foundations. |
Divisions: | Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Esti Kusuma Wardani |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 03:54 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 03:54 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/116639 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |