Sudarsono, Rizky Ramadhani (2025) Studi Kelayakan Dari Segi Ekonomi Pembangunan Flyover Jalan Ir. H. Juanda Jalan Perjuangan, Kota Bekasi. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
5012211015-Undergraduated_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 April 2027. Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Kota Bekasi merupakan salah satu kota penyokong di wilayah timur Daerah Khusus Jakarta. Kota Bekasi adalah kota dengan pusat perekonomian yang ditunjang oleh perdagangan sehingga membutuhkan transportasi. Salah satu unsur dalam transportasi adalah jalan raya. Jalan raya adalah jalur-jalur di atas permukaan bumi yang dibuat oleh manusia dengan bentuk, ukuran, dan jenis konstruksinya sehingga dapat digunakan untuk menyalurkan lalu lintas orang, hewan, dan kendaraan dari suatu tempat ke tempat lainnya. Dalam perkembangan zaman, jalan raya memiliki kerugian yakni salah satunya kemacetan. Di Kota Bekasi, salah satu kemacetan tersebut terjadi di ruas Jalan Ir. H. Juanda ke Jalan Perjuangan dan sebaliknya, terutama saat jam sibuk pagi dan sore hari. Hal ini diperparah dengan adanya perlintasan rel kereta api sebidang. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan dibangunnya flyover. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan ekonomi pembangunan flyover tersebut dengan usia rencana 30 tahun. Analisis kelayakan lalu lintas dilakukan dengan membandingkan kinerja lalu lintas sebelum dan sesudah pembangunan flyover. Referensi yang digunakan adalah Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Sedangkan analisis kelayakan ekonomi dilakukan dengan menghitung Benefit Cost Ratio (BCR) dan Net Present Value (NPV). Metode Jasa Marga, Clarkson Oglesby dan Nd Lea digunakan untuk menghitung biaya operasional kendaraan (BOK). Sedangkan untuk menghitung Time Value menggunakan Metode Jasa Marga. Hasil dari penelitian Tugas Akhir yaitu DJ non eksisting yang tinggi yakni 1,14 (Utara), 1,22 (Selatan), 1,14 (Timur), dan 1,22 (Barat). Sedangkan setelah adanya pembangunan flyover, pada kondisi jalan eksisting DJ 0,42 (Selatan), 0,46 (Timur), dan 0,39 (Barat). Derajat kejenuhan pada flyover yakni sebesar 0,39 (Selatan) dan 0,38 (Utara). Analisis ekonomi didapatkan Benefit Cost Ratio yakni 3,613. Sedangkan Net Present Value yaitu Rp 1.368.515.126.899, sehingga proyek pembangunan flyover ini dinyatakan layak.
==================================================================================================================================
Bekasi City is one of the supporting cities in the eastern region of the Special Region of Jakarta. Bekasi City is a city with an economic center that is supported by trade, so it requires transportation. One element in transportation is roads. Highways are paths on the surface of the earth made by humans with their shape, size and type of construction so that they can be used to channel the traffic of people, animals and vehicles from one place to another. In modern times, highways have disadvantages, one of which is congestion. In Bekasi City, one of the traffic jams occurred on Jalan Ir. H. Juanda to Jalan Perjuangan and vice versa, especially during morning and evening rush hours. This is made worse by the presence of level railroad crossings. One way to overcome this problem is to build a flyover. This research aims to analyze the economic feasibility of building a flyover with a design life of 30 years. Traffic feasibility analysis was carried out by comparing traffic performance before and after the flyover construction. The reference used is the Indonesian Road Capacity Guidelines (PKJI). Meanwhile, the economic feasibility analysis is carried out by calculating the Benefit Cost Ratio (BCR) and Net Present Value (NPV). The Jasa Marga, Clarkson Oglesby and Ndlea methods are used to calculate vehicle operating costs (BOK). Meanwhile, to calculate Time Value using the Jasa Marga Method. The results of the Final Assignment research are high non-existing DJ, namely 1.14 (North), 1.22 (South), 1.14 (East), and 1.22 (West). While after the construction of the flyover, on the existing road conditions the DJ is 0.42 (South), 0.46 (East), and 0.39 (West). The degree of saturation on the flyover is 0.39 (South) and 0.38 (North). Economic analysis obtained Benefit Cost Ratio of 3,613. While the Net Present Value is Rp 1.368.515.126.899, so the flyover construction project is declared feasible.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Studi Kelayakan, Flyover, Perlintasan Kereta Api. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T174 Technological forecasting T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Rizky Ramadhani Sudarsono |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 07:46 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 07:46 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/116761 |
Actions (login required)
View Item |