Analisis Persaingan Produk Homogen di Struktur Pasar Oligopoli dengan Pendekatan Game Theory

Hafizh, Muhammad Abdul (2025) Analisis Persaingan Produk Homogen di Struktur Pasar Oligopoli dengan Pendekatan Game Theory. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6010221003-Master_Thesis.pdf] Text
6010221003-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 April 2027.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan produk dalam industri obat nyamuk Indonesia membentuk struktur pasar yang bersifat oligopoli, ini berdasarkan bahwa produk yang beredar dalam pasar bersifat homogen. Kondisi ini menciptakan suatu fenomena dalam pasar industri obat nyamuk bakar, dimana terjadi penurunan permintaan pada salah satu produsen yang salah satu penyebabnya adalah pergeseran proporsi pangsa pasarnya ke pihak kompetitor. Melalui pendekatan game theory, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persaingan pasar oligopoli dengan mempertimbangkan strategi advertising dalam upaya perusahaan mempertahankan atau bahkan merebut pangsa pasar dari kompetitornya. Penelitian ini berupaya untuk menganalisis interaksi strategi setiap perusahaan dan mengungkap evolusi market share akibat persaingan yang terjadi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada skema Stackelberg, leader memiliki fleksibilitas dalam menentukan strategi yang dipilih bergantung pada konteks interaksi karena ukuran dan dominasi pada pasar. Strategi equilibrium antara BYG dan HIT ketika masing-masing memilih advertising yang bersifat predatory, sementara HIT dan VAP strategi optimum masing-masing ketika memilih advertising yang bersifat cooperative dan untuk BYG dan VAP ketika BYG memilih advertising yang bersifat generic dan respon VAP dengan iklan yang bersifat cooperative. Kecenderungan follower memilih advertising yang bersifat cooperative untuk meminimalisir risiko dan mencegah kerugian besar. Sementara pada kondisi permainan pada skema Bertrand, permainan yang terjadi pada keseluruhan perusahaan diketahui strategi equilibrium terjadi ketika keseluruhan perusahaan (BYG, HIT dan VAP) memilih advertising yang bersifat predatory dengan persaingan agresif membuat pangsa pasar yang cenderung mengalami stagnansi.
==================================================================================================================================
In the Indonesian mosquito repellent industry, the presence of product competition gives rise to an oligopoly market structure, characterized by the homogeneity of the products available in the market. This market dynamic gives rise to a particular phenomenon within the industry, namely a decline in demand for one of the producers, accompanied by a concomitant shift in the proportion of market share among competitors. This study employs a game theory approach to analyze oligopoly market competition, with a focus on advertising strategies employed by companies to maintain or gain market share from competitors.The research method involves analyzing the interaction of each company's strategy to reveal the evolution of market share due to competition.The study's findings indicate that, in the Stackelberg scheme, the leader exhibits flexibility in determining the strategy chosen, contingent on the interaction context due to size and market dominance. The equilibrium strategy between BYG and HIT when each chooses predatory advertising, the optimum strategy for HIT and VAP when choosing cooperative advertising, and the optimum strategy for BYG and VAP when BYG chooses generic advertising and VAP responds with cooperative advertising are identified.The tendency of followers to choose cooperative advertising to minimize risk and prevent large losses is also discussed. In the Bertrand scheme, the game that occurs in the whole company is known to be an equilibrium strategy when the whole company (BYG, HIT and VAP) chooses predatory advertising with aggressive competition making market share that tends to stagnate.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Oligopoli, Kompetisi, Periklanan, Pangsa pasar, Teori permainan, Oligopoly, Competition, Advertising, Market share, Game theory
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC441 Macroeconomics.
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.23 Decision making. Business requirements analysis.
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD69.S8 Strategic alliances (Business)
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Muhammad Abdul Hafizh
Date Deposited: 30 Jan 2025 06:37
Last Modified: 30 Jan 2025 06:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/117046

Actions (login required)

View Item View Item